Sen. Des 16th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

DPRD Kabupaten Pacitan Kunjungi KPU Kota Balikpapan

BALIKPAPAN—Sebanyak 13 anggota dari Komisi I DPRD Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, melakukan kunjungan kerja ke Kantor KPU Kota Balikpapan Senin pagi (18/11/2019).

Dalam kunjungan kerja Komisi I DPRD Kabupaten Pacitan itu, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I Sri Widowati selaku ketua rombongan. Kedatangan mereka ini disambut langsung oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, Sekretaris KPU Kota Balikpapan Syabrani serta para Kasubbag Sekretariat KPU Kota Balikpapan turut hadir dalam pertemuan itu.

Sri Widowati menyampaikan bahwa kedatangannya ke Kantor KPU Kota Balikpapan adalah untuk berdialog sekaligus ingin mengetahui tentang tahapan Pilkada, pengelolaan anggaran serta beberapa hal terkait dengan Pilkada serentak yang akan digelar pada 23 September 2019 mendatang, yang memang Kota Balikpapan dan Kabupaten Pacitan sama sama akan menggelarnya.

Dalam pertemuan itu pula, rombongan Komisi I dari DPRD Kabupaten Pacitan ini sempat menanyakan tentang besaran anggaran yang dibutuhkan dalam Pilkada nanti. Di mana KPU Kota Balikpapan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 54 Miliard. “Dan Pemerintah Kota Balikpapan merealisasikannnya menjadi 53,9 miliard rupiah. Hanya turun seratus juta rupiah saja dari anggaran yang kami ajukan,” ujar Noor Thoha. Sementara untuk anggaran Pilkada Kabupaten Pacitan sendiri sebesar Rp 34 miliard dari 450ribu penduduk yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hampir sama dengan kota Balikpapan yang jumlah DPTnya mencapai 464.114 pemilih pada Pemilu serentak 2019 kemarin.

Sri Widowati juga menyampaikan bahwa dalam pertemuan itu ada satu hal yang menjadi catatan khusus. Yaitu tentang penggunaan dana hibah, baik hibah dari pemerintah setempat atau pemerintah pusat yang dianggarkan supaya ada kesamaan dalam pengelolaannya agar tidak ada temuan oleh BPK.

Setelah melakukan dialog dan beberapa tanya jawab, acara dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata antara Komisi I DPRD Kabupaten Pacitan dengan KPU Kota Balikpapan, yang dilakukan langsung oleh ketua KPU Kota Balikpapan dan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pacitan.