Sen. Des 16th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Sosialisasikan Tahapan Pilkada di Acara Dialog Publik Pemuda Muhammadiyah

BALIKPAPAN—Syahrul Karim selaku Komisioner KPU Kota Balikpapan hadir sebagai salah satu nara sumber pada acara Dialog Publik Pemuda Muhammadiyah Cabang Balikpapan yang digelar di gedung KNPI Kota Balikpapan, Minggu pagi (1/12/2019).

Di hadapan puluhan peserta, Syahrul menyampaikan tentang tahapan Pilkada Kota Balikpapan yang saat ini sudah berjalan. Salah satu paparan yang disampaikannya adalah tentang PKPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020.

Perubahan atas PKPU No 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan wakil Walikota Tahun 2020.

Ia juga menyampaikan, bahwa saat ini KPU dalam waktu dekat ini akan membuka pendaftaran untuk calon dari independen atau dari perseorangan. “Untuk perseorangan ini kami akan buka hingga terakhir pendaftaran dan penyerahan syarat dukungan sampai tanggal 23 Februari 2020 nanti. Mungkin di antara bapak ibu yang hadir di sini ada yang mau mendaftar silahkan,” ujar Syahrul Karim.

Syahrul menyampaikan, syarat dukungan pencalonan dari perseorangan itu adalah 8,5% dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu terakhir yaitu 464.114 pemilih jadi untuk Kota Balikpapan minimal harus didukung 39.450 orang pendukung. Dukungan ini tak hanya melampirkan foto kopi saja, tetapi ada formulir yang harus diisi oleh pendukungnya kemudian foto kopi KTP Elektronik pendukung harus ditempelkan pada formulir tersebut.  “Silahkan bapak ibu yang mau mendaftarkan diri sebagai calon perseorangan, formulirnya tinggal di download di website KPU Kota Balikpapan. Dan jangan lupa foto kopi KTP elektronik ditempelkan di formulir dan formulir diisi serta wajib ditandatangani pendukungnya,” ujar Syahrul lagi.

Pada acara dialog ini, hadir sejumlah bakal calon walikota dan wakil walikota Balikpapan, diantaranya Ahmad Baasir, drg H Syukri Wahid, Yaser Arafat, Ahmad Rosyidi dan Letkol H Solahudin Siregar. Kehadiran mereka turut mewarnai acara tersebut. Karena baru kali itu para pengurus dan anggota Pemuda Muhamadiyah bisa bertemu langsung dengan mereka.

Selain dihadiri pengurus dan anggota Pemuda Muhammadiyah Kota Balikpapan, turut hadir sejumlah organisasi kemasyarakatan yang ada di Balikpapan. Dan hadir pula Staff Ahli Bidang Pemerintahan Arbain Side yang hadir mewakili Walikota Balikpapan yang berhalangan hadir pada kegiatan tersebut.