Sel. Agu 4th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Gelar Rakor Pembentukan Badan Ad Hoc

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan melaksanakan Rapat Kordinasi Pembentukan Badan Adhoc Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Balikpapan Tahun 2020 yang digelar di ruang Blue Safir Hotel Tiga Mustika Balikpapan, Rabu (15/01/2020).

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, 2 Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim dan Mega Ferianri Ferry. Anggota Bawaslu Kota Balikpapan. Kabag Pemerintahan Setdakot Balikpapan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Balikpapan, seluruh camat dan lurah yang ada di Balikpapan, serta sejumlah pejabat lainnya diantaranya dari Kejaksaan Negeri Balikpapan, Polresta Balikpapan, Dandim 0905 Balikpapan, Danlanal Balikpapan dan Danlanud Balikpapan.

Dalam rapat kordinasi tersebut, KPU Kota Balikpapan menyampaikan tentang mekanisme penerimaan calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), mulai dari tata cara mendaftarnya hingga persyaratan untuk menjadi anggota PPK. Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim memberikan paparan tentang regulasi atau peraturan tentang dibentuknya PPK dan pada sesi berikutnya giliran Komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Feriani Ferry menyampaikan tentang syarat menjadi anggota PPK.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, kegiatan ini sengaja digelar dengan mengundang stake holders khususnya para camat dan lurah. Karena kehadiran para camat dan lurah ini dapat membantu KPU dalam rangka menyampaikan informasi terkait dibentuknya badan adhoc ini kepada masyarakat di wilayah kerjanya. “Para Camat dan Lurah ini merupakan front linernya KPU. Maka hari ini kita memohon pendapatnya, yang nanti dapat membantu kami dalam penyelenggaraan Pilkada nanti. Terutama dalam masa pembentukan badan adhoc ini,” ujar Noor Thoha.

Noor Thoha juga menyampaikan, bagi warga Balikpapan yang ingin mendaftarkan diri untuk bisa menjadi anggota bisa melihat langsung didownload formulir pendaftarannya di website resmi KPU Kota Balikpapan atau bisa pula mengambil formulirnya di Kantor KPU Kota Balikpapan. “Silahkan warga kota Balikpapan bagi yang ingin berminat menjadi anggota PPK. Kemudian formulir tersebut diisi dan lampirkan pula surat keterangan kesehatan dari Puskesmas,” ujarnya.

Pendaftaran dimulai pada tanggal 18 hingga 24 Januari dari pukul 08.00 – 16.00 WITA di Kantor KPU Kota Balikpapan. Tahapan berikutnya adalah penelitian adminitrasi, test tertulis dan wawancara. Noor Thoha juga berpesan bahwa untuk menjadi anggota PPK salah satu syaratnya adalah warga Kota Balikpapan dengan dibuktikan foto koopi KTP Elektronik dan saat penyerahan berkas wajib melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas. “Silahkan buka website kami jika ingin mengetahui persyaratannnya atau lebih baik lagi kunjungi Kantor KPU Kota Balikpapan. Silahkan ambil formulirnya dan lengkapi semua persyaratannya kemudian silahkan mendaftar,” pungkas Noor Thoha.