Sel. Agu 4th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Sosialisasikan Pilkada di Kampus Uniba

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan kembali melakukan sosialisasi di lingkungan pendidikan, kali ini giliran Universitas Balikpapan yang dijadikan tempat sosialisasi dengan dihadiri puluhan mahasiswa yang bertempat di ruang rapat Kampus Universitas Balikpapan, Jalan Pupuk Raya, Balikpapan, Kamis (16/01/2020).

Sejumlah mahasiswa yang hadir tersebut adalah mahasiswa dari Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Sastra dan Fakultas Hukum. Mereka hadir untuk mendengar langsung paparan yang disampaikan oleh Komsioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim.

Sebelum Syahrul Karim menyampaikan paparannya, Wakil Rektor III Universitas Balikpapan Imam Arrywibowo SU, SE, Msi memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya Imam berpesan agar mahasiswa di kampus Uniba dapat menjadi pemilih yang cerdas dan tidak ikut-ikutan menjadi golput. Ia pun menyambut baik kedatangan Komisioner beserta sejumlah staff sekretariat KPU Kota Balikpapan yang sudah bersedia melakukan sosialisasi di kampus tersebut.

Ada beberapa hal yang menjadi bagian materi yang disampaikan Syahrul Karim, diantaranya tentang sejarah Pemilu, pengetahuan Pemilu secara umum dan tahapan Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020, di mana penyelenggaraannya digelar secara serentak pada 23 September 2020 di beberapa kabupaten kota yang ada di Indonesia, termasuk Kota Balikpapan. “Di Kaltim dari 10 kabupaten kota, ada 9 kabupaten kota yang akan mengadakan Pilkada. Kecuali Kabupaten Penajam Paser Utara dan Provinsi Kalimantan Timur yang tidak menggelar Pilkada,” ujar Syahrul Karim.

Syahrul juga mengatakan saat ini KPU Kota Balikpapan sedang membuka pendaftaran untuk menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Petugas PPK ini adalah perpanjangan tangan KPU yang nantinya bertugas di tiap kecamatan yang ada di Balikpapan. Kemudian setelah terbentuknya PPK akan dibentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas di kelurahan.

Selain itu khusus untuk mahasiswa mahasiswi KPU Kota Balikpapan juga mempunyai program khusus yaitu Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa yang bertemakan “Peningkatan Partisipasi Pemilih Muda Pilkada Balikpapan 2020”. Syarat untuk mengikuti lomba karya tulis itu adalah para mahasiswa aktif baik itu mahasiswa Diploma atau Strata 1 dari semua program studi di semua perguruan tinggi yang ada di Kota Balikpapan.

Syarat untuk mengikuti lomba itu adalah, Daftar Riwayat Hidup, menyerahkan foto terbaru 4X6, foto kopi kartu mahasiswa yang masih berlaku, surat keterangan sebagai mahasiswa dari fakultas/institusi kampus dan pernyataan orisinalitas karya ilmiah dan kepemilikan naskah. “Silahkan adik-adik sekalian jika ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah tersebut. Untuk persyaratannya silahkan buka website resmi KPU Kota Balikpapan atau bisa juga langsung datang ke kantor KPU,” ujar Syahrul Karim.

Untuk hadiah lomba karya tulis itu terbilang cukup besar. Untuk juara 1 akan medapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000, juara ke 2 mendapatkan Rp 3.500.000, juara ke 3 Rp 2.500.000, juara harapan 1 Rp 2.000.000 dan juara harapan 2 Rp 1.500.000.

Usai memberikan materinya, sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Di mana dari sekian mahasiswa yang hadir itu ada sejumlah mahasiswa yang melontarkan pertanyaannya kepada Syahrul Karim. Begitu pula sebaliknya ketika diajukan pertanyaan ada sepuluh mahasiswa yang berhasil menjawab. Para mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan itu akan mendapatkan souvenir berupa boneka Maskot Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020.