Sel. Agu 4th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Kembali Sosialisasi Pikada 2020 di 4 Sekolah

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan kembali mengadakan sosialisasi Pilkada Tahun 2020 yang bertemakan KPU Goes To School di 4 sekolah yang ada di Balikpapan, Senin (27/01/2020).

Sosialisasi Pilkada Tahun 2020 itu dilakukan saat digelarnya upacara bendera yang biasa dilaksanakan pada setiap hari Senin pagi. Ke 4 sekolah itu adalah SMK Negeri 3 Balikpapan, SMK Negeri 4 Balikpapan, SMK Negeri 5 Balikpapan dan SMA Negeri 8 Balikpapan.

Pada sosialisasi ini komisioner KPU Kota Balikpapan yang menjadi pembina upacaranya. Seperti di SMK Negeri 3 yang menjadi pembina upacaranya adalah Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, di SMK Negeri 4 pembina upacaranya adalah Syahrul Karim. Untuk di SMK Negeri 5 Balikpapan yang menjadi pembina upacaranya adalah Ridwansyah Heman. Sedang di SMA Negeri 8 yang menjadi pembina upacaranya adalah Yan Fauzi Wardana.

Ke empat Komisioner KPU Kota Balikpapan itu dalam amanatnya menyampaikan, bahwa pada tanggal 23 September 2020 akan diadakan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada. Di mana pada Pilkada tahun 2020 ini adalah akan digelar Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan.

Ridwasnyah Heman, selaku Komisioner KPU Kota Balikpapan Divisi Hukum yang menjadi pembina upacara di SMK 5 Negeri Balikpapan menyampaikan di hadapan sejumlah siswa bahwa pada 23 September nanti akan dilaksanakan Pilkada. Untuk dapat mengikuti Pilkada itu syaratnya adalah memiliki hak pilih. “Adik-adik sekalian kan sebagian sudah berusia 17 tahun sekarang ini. Atau nanti pada saat pemilihan di 23 September sudah memasuki 17 tahun. Kalian memiliki hak untuk mengikuti Pilkada Kota Balikpapan. Untuk itu pastikan diri kalian sudah terdaftar dengan mendatangi Pak RTnya atau silahkan datang ke kantor kelurahan tempat tinggal kalian,” ujar Ridwansyah Heman.

Ridwansyah juga menyampaikan, selain harus berusia 17 tahun agar dapat memilih, ia juga berpesan agar para siswa mempelajari rekam jejak serta visi misi para calon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan. “Nanti setelah ditetapkannya calon, kalian bisa mempelajari visi misi para calon. Kalian dapat dengan mudah membacanya hanya dengan membuka website resmi KPU Kota Balikpapan. Di sana nanti akan ada foto-foto para calon, nama dan visi misinya. Silah dipelajari dan pilihlah sesuai hati nurani kalian. Saya berharap kalian ikut mencoblos dan manfaatkan hak kalian sebagai pemilih pemula,” ujar Ridwansyah lagi.

Ia juga menyampaikan, selain sudah memiliki hak pilih, para siswa diharapkan dapat mengawal jalannya proses pemungutan suara hingga penghitungan suara yang ada di TPS yang lokasinya tak jauh dari tempat tinggal para siswa. “Setelah mencoblos, kalian juga bisa melihat langsung proses penghitungan suara di TPS. Lihat dan simak baik-baik saat petugas KPPS saat melakukan penghitungan suara. Kalian memiliki hak untuk memperhatikan proses penghitungan suara tersebut,” ujarnya.

Setelah upacara selasai digelar, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pasa kesempatan ini KPU Kota Balikpapan memberikan souvenir berupa boneka maskot Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020 kepada 10 siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan komisioner KPU Kota Balikpapan. Setelah sesi tanya jawab dilaksanakan acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara komisioner KPU Kota Balikpapan, Kepala sekolah, para guru dan sejumlah siswa.