Sel. Feb 18th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Dihadiri Seluruh Lurah, Babinsa dan Bhabinkantibmas, KPU Kota Balikpapan Kembali Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan kembali menggelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020 yang digelar di Hotel Pacific, Kamis 6 Februari 2020.

Sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber. Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim, Danramil Balikpapan Barat Mayor Inf Masrukan, Kabagops Polresta Balikpapan Kompol Dody Suryo Putro SIK.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam sambutannya mengatakan, digelarnya sosialisasi Tahapan Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020 dengan mengundang anggota Babinsa dan anggota Bhabinkantibmas itu serta seluruh camat dan Lurah se Kota Balikpapan dikarenakan memiliki kedekatan emosional kepada warga yang ada di wilayah tugasnya masing masing.

 

“Hampir semua lurah, camat dan angggota Babinsa serta Bhabinkantibmas ini kan akrab dengan ketua RT dan warganya. Jika anggota Babinsa dan anggota Bhabinkantibmas ini berbicara atau berdialog dengan warga. Itu sudah pasti didengar oleh warga,”ujarnya

“Makanya kami di KPU memberikan pembekalan kepada mereka agar para anggota Babinsa dan Bhabinkantibmas diharapkan dapat membantu KPU untuk turut mensosialisasikan Pilkada, bahwa pada tanggal 23 September nanti akan ada pemilihan kepala daerah,” lanjut
Noor Thoha.

Usai Noor Thoha memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi, acara dilanjutkan dengan dialog. Dialog ini dimoderatori oleh Komisioner KPU Kota Balikpapan Ridwansyah Heman.

Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim dihadapan sejumlah peserta yang hadir, Syahrul menyampaikan tentang program dan jadwal Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan sesuai dengan PKPU Nomor 16 tahun 2019.

“Saat ini kami sedang fokus melakukan seleksi anggota PPK. Dan dalam dua hari ke depan akan ada test wawancara bagi calon anggota PPK yang sudah lolos seleksi adminitrasi dan lolos ujian tertulis,”jelasnya

Syahrul juga mengatakan, bahwa semua kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kota Balikpapan sudah mengacu pada PKPU Nomor 16 Tahun 2019. Di dalam PKPU tersebut sudah jelas semuanya tentang tahapan yang akan dilaksanakan.

“Setelah PPK terpilih dan dilantik, nanti akan ada dibentuk PPS dan PPDP atau Petugas Pemutakhiran Data Pemilih. PPDP ini nantinya akan mengunjungi tiap rumah warga untuk melakukan pemutahiran data pemilih didasarkan pada DPT terakhir (DP4),”ujarnya

Pihaknya juga meminta masukan atau tanggapan terhadap calon peserta PPK yang lolos 10 besar terkait rekam jejak mereka.

Pada kesempatan yang sama Mayor Inf Masrukan mengingatkan semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan kedamaian kota Balikpapan apalagi Balikpapan sebagai penyangga ibu kota negara.

Ia juga secara tegas bahwa TNI/Polri netral dalam tiap gelaran Pemilu termasuk Pilkada Balikpapan.

“Dengan kondisi geografi dan demografi di kota Balikpapan ini. Kita diuntungkan, sebab kondisi demografi dan geografi masih terbilang baik. Semua mudah dijangkau. Jadi jika ada apa apa kita mudah mengatasinya dan bisa juga menangkal atau mengantisipasi jika ada indikasi yang mengarah pada keributan. Apalagi dengan kondisi masyarakat yang heterogen ini, warganya rukun sampai dengan saat ini.” ujar Masrukan.

Sementara itu, Kabagops Polresta Balikpapan Kompol Dody Suryo Putro SIK menegaskan Polresta siap mengamankan seluruh tahapan Pilkada Balikpapan. Ada 650 personil yang disiapkan dalam Pilkada Balikpapan dan jumlah personel yang akan diturunkan disesuaikan dengan tahapan pilkada.

“Pendaftaran dan penetapan nomor urut calon, Polresta Balikpapan akan menurunkan personil sebanyak 30 personil. Kemudian saat kampanye Polrtesta Balikpapan akan menurunkan personilnya sebanyak 150 orang.  Begitu pula untuk distribusi logistik Pilkada akan ada 150 personil dari Polresta Balikpapan diturunkan untuk mengamankannya. Sedang untuk masa tenang pun Polresta Balikpapan menurunkan 150 anggotanya. Kemudian pada saat pemungutan suara Polresta Balikpapan akan menurunkan 650 personil. Dan umtuk penghitungan suara Polresta Balikpapan juga menurunkan sebanyak 650 personil. Angka ini bisa saja berubah atau mengalami peningkatan jumlah personil. Itu tergantung kondisi di lapangan nanti,” pungkas Dody Suryo Putro.

Usai kegiatan dilanjutkan foto bersama juga digadiri Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syahbrani, sejumlah Kasubbag dan staff dari sekretariat KPU Kota Balikpapan.