Rab. Feb 19th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Catatan Kecil Diawal 2020

oleh: Lita Rosita

Anggota KPU Lebak Divisi Teknis dan Penyelenggaraan

Tahun 2020 merupakan tahun politik, tahun diselenggarakannya Pemilihan Serentak di 270 daerah di Indonesia. Pada fase ini situasi politik sangat dipengaruhi oleh dinamika yang terjadi.  Dinamika yang pada umumnya akan dirasakan selama proses tahapan pelaksanaan Pemilihan Serentak, bahkan hingga proses pemungutan suara 23 September 2020 mendatang.

Situasi hangat pada proses penyelenggaraan demokrasi memang hal yang biasa terjadi, tidak hanya di pemilihan kepala daerah, kondisi hangat juga lumrah ada di pemilihan legistlatif (pileg) atau  pemilihan presiden (pilpres). Hal ini jadi satu bukti bahwa demokrasi berjalan dinamis, cara berpikir masyarakat yang mulai kritis ini tentunya membawa angin segar bagi kemajuan demokrasi di Indonesia.

Tanggung jawab menjaga situasi yang hangat ini agar tidak kemudian terjadi anarkisme tentu bukan hanya tugas penyelenggara pemilihan, pasangan calon dan para pendukungnya juga harus menciptakan demokrasi yang baik. Dan masyarakat selaku ujung tombak pemilihan mempunyai peran memastikan langsung umum bebas rahasia (luber) jujur dan adil (jurdil) tetap terlaksana. Pemilih cerdas tidak akan mudah terhasut dan terprovokasi dengan pemberitaan bohong (hoaks), demi terjaganya demokrasi.

Dan bagi penyelenggara, menjaga marwah lembaga adalah yang utama. Keterbukaan tidak boleh dipinggirkan, sebab melalui keterbukaan lah masyarakat dapat melihat hasil kerja penyelenggaraan. Pengawasan yang dilakukan masyarakat juga membantu terciptanya kualitas pemilihan yang baik, sebab semua pihak yang bertugas mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku, tidak ada lagi penyimpangan baik oleh penyelenggara, bakal calon kepala daerah maupun para pendukung. Oleh karena kita semua berharap pelaksanaan pemilihan serentak kali ini menjadi milik bersama, berjalan dengan baik tanpa keluar dari aturan yang sudah ditetapkan.

Secara garis besar, tahapan pemilihan diatur PKPU 15 Tahun 2019. Didalamnya ada pesan agar prosesnya berjalan secara demokratis. Begitu juga penyelenggara pemilihan harus memegang prinsip: mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien.

Semoga di tahun politik 2020 ini, pemilihan serentak bisa terselenggara dengan baik dan lancar. KPU selaku penyelenggara di setiap daerah dapat bekerja secara maksimal dan berintegritas, menjaga netralitas, juga menghasilkan pemilihan yang diinginkan oleh semua pihak. Pemberitaan yang sedang hangat saat ini hendaknya menjadi pelajaran dan cermin dalam melaksanakan tugas selaku penyelenggara pemilu. Begitu juga calon kepala daerah agar membantu terwujudnya demokrasi yang baik tanpa ada kecurangan atau pun politik uang. Ingat bahwa harapan masyarakat untuk kemajuan daerah berada di pundak calon kepala daerah terpilih, jangan ada korupsi demi percepatan pembangunan disegala bidang. (*)