Rab. Jul 8th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Camat dan Lurah Balikpapan Menyambut Baik Kampung Demokrasi

BALIKPAPAN—Untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, pendidikan pemilih dan peningkatan partisipasi masyarakat pada ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maupun Pemilihan Umum (Pemilu), KPU Kota Balikpapan akan mencanangkan Kampung Demokrasi.

“Ini salah satu program KPU Balikpapan dalam mewujudkan pemilu berkualitas dan berintegritas sekaligus menciptakan pemilih cerdas pada pilkada Balikpapan 2020,”kata Komisioner KPU Balikpapan Syahrul Karim saat audensi dengan lurah dan camat se Kota Balikpapan, Selasa, 11/12.

 

Syahrul menjelaskan penetapan sebuah kawasan RT menjadi kampung demokrasi memerhatikan berbagai faktor atau indikator, diantaranya tingginya partisipasi pemilih di dikawasan itu dalam setiap gelaran pemili, baik Pilkada, Pileg, maupun Pilpres. Selanjutnya adalah ada proses pemilihan pergantian kepemimpinan RT yang dilakukan secara demokratisi.

“Yang terpenting juga adalah tersedianya ruang publik warga setempat yang nantinya digunakan paslon berkampanye sehingga warga datang mendengarkan program kerja paslon dan adanya komitmen warga mewujudkan pemilih cerdas, pemilu berkualitas,”jelasnya

Pada kesempatan yang sama Camat Balikpapan Tengah Edy Gunawan menyambut baik program kampung demokrasi yang digagas KPU kota Balikpapan.

“Ini program yang bagus dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas, berintegritas sesuai dengan azas pemilu. Terutama pendidikan politik dan pendidikan pemilih. Kami juga segera mencari RT yang memang memenuhi kriteria kampung demokrasi sesuai ketetapan KPU Balikpapan,”ujarnya

Senada disampaikan Sekcam Balikpapan Barat Nurka “Membangun nilai nilai demokrasi yang lebih baik harus ditanamkan dmasyarakat kita. Ini juga menjadi tugas bersama..Kedepanya tidak hanya tingkat RT tapi skala kota,”ujarnya

Kampung Demokrasi ini nantinya akan berdiri di setiap kecamatan yang ada di Kota Balikpapan.

Untuk pencanangan Kampung Demokrasi ini, KPU Kota Balikpapan telah melakukan audiensi ke 5 kecamatan yang ada di Balikpapan. Audinesi ini dilakukan langsung komisioner KPU Kota Balikpapan, Sekretaris KPU Kota Balikpapan dan Subbag Teknis Sekretariat KPU Kota Balikpapan.

Sementara itu Sekretaris KPU Kota Balikpapan Syahbrani mengatakan, rencana pembentukan Kampung Demokrasi ini selain dijadikan tempat pembelajaran tentang Pilkada dan demokrasi, Kampung Demokrasi yang dibuat itu layaknya TPS sungguhan.

“Jadi selain dijadikan tempat pendidikan politik dan pemilih seperti pencoblosan saat Pemilu maupun Pilkada. Tempat itu juga dapat dimanfaatkan warga untuk dijadikan tempat pemilihan Ketua RT,” ujar Syahbrani.

Syahbrani juga menyampaikan, bahwa pembangunan Kampung Demokrasi berupa pembangunan TPS sungguhan itu akan dibiayai sepenuhnya oleh KPU Kota Balikpapan.

“Di Kampung Demokrasi itu akan kita dirikan TPS persis seperti TPS saat Pemilu atau Pilkada. Di sana nanti ada tenda berukuran 8X10 meter. Ada mejanya. Ada bilik suaranya. Ada kotak suaranya. Ada papan tulisnya,”imbuh Syahbrani.