Ming. Sep 20th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Dua Pasangan Balon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan dari Jalur Independen Serahkan Mandat ke KPU Kota Balikpapan

BALIKPAPAN—Mendekati jadwal pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan dari jalur perseorangan, sejumlah operator dari dua pasangan calon mendatangi kantor KPU Kota Balikpapan, Jumat (13/02/2020).

Sejumlah operator yang datang ke Kantor KPU Kota Balikpapan itu adalah operator dari pasangan calon Letlkol CAJ H Solahudin Siregar – Muhammad. Dan pasangan calon Agus Laksito – Soeharto.

Kehadiran mereka ke Kantor KPU Kota Balikpapan untuk bertemu langsung dengan operator yang nenangani Sistem Informasi Pencalonan atau SILON. Mereka juga bertemu dengan Komisioner KPU Kota Mega Feriani Ferry.

Komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Feriani Ferry mengatakan, tim dari kedua pasangan telah menyerahkan surat mandat bakal pasangan calon dari jalur perseorangan.

“Iya, sampai hari ini sudah ada dua bakal paslon perseorangan yang menyerahkan mandatnya ke kami,” ujarnya

Ia juga mengatakan sampai dengan saat ini, sebelum dibukanya penyerahan dukungan dari tanggal 19 hingga 23 Februari nanti, kedua pasangan calon dari jalur perseorangan sudah menyerahkan surat mandatnya kepada KPU Kota Balikpapan baik itu mandat untuk LO maupun operator penginput data dukungan ke Silon (Sistem Informasi Pencalonan).

Lebih lanjut Mega menyampaikan, syarat bukti dukungan yang harus dikumpulkan setiap pasangan calon dari jalur perseorangan sebanyak 39.450 lembar formulir yang isinya adalah data warga yang memberikann dukungan lengkap dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang ditempelkan di formulir B1 KWK.

Setelah memeberikan mandat kepada KPU Kota Balikpapan, selanjutnya KPU sudah menyerahkan nama akun dan kata sandi Silon kepada tim jalur perseorangan untuk melakukan penginputan data bukti dukungan.

“User name dan password untuk Silon itu dianjurkan agar dirubah passwordnya. Hal ini sengaja dilakukan agar operator lebih mudah untuk masuk ke aplikasi Silon di komputer atau laptop. Sebab password yang diberikan dari KPU itu masih bersifat standar dan memang harus diganti oleh para operator pasangan calon,”jelasnya

Setelah para operator dari dua pasangan calon dari jalur independen ini, KPU Kota Balikpapan akan melakukan monitoring.

“Monitoring tersebut juga sebagai bentuk bimbingan teknis dan konsultasi dari KPU kepada para operator Silon tim jalur perseorangan, sehinggga jika ada kendala akan diketahui lebih awal dan agar bisa segera ditangani”, pungkasnya.

Mega mengungkapkan bentuk koordinasi KPU ke tim para calon supaya tak ada kendala agar dilakukan sebelum batas waktu penyerahan dukungan berakhir pada tanggal 23 Februari mendatang.

“Untuk itu kami berpesan dan beraharap agar para operator untuk tidak sungkan berkordinasi dan berkonsultasi kepada kami mengenai Silon. Sebab kalau sudah menyerahkan dukungan pada 23 Februari nanti diharapkan sudah tidak ada lagi kendala. Jangan sampai ada masalah atau ada yang kurang, buntutnya nantikan jadi TMS atau tidak memenuhi syarat,” pungkas Mega Feriani Ferry.