Ming. Sep 20th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Tak Mengenal Lelah, KPU Kota Balikpapan Gencar Sosialisasikan Pilkada Melalui GTS

BALIKPAPAN—Untuk meningkatkan partisipasi pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020 khususnya pemilih pemula. KPU Kota Balikpapan kian gencar melakukan sosialisasi Pilkada dengan tema KPU Goes To School atau GTS di sejumlah SMA, SMK dan MA yang ada di Balikpapan. Kali ini KPU Kota Balikpapan melakukan sosialisasi di SMA Negeri 3, SMK Negeri 2 dan SMA Patra Darma dalam waktu yang bersamaan, Balikpapan, Senin (17/02/2020).

Pada sosialisasi ini dilakukan saat upacara bendera yang sejatinya dilaksanakan setiap hari Senin pagi. Namun kali ini, pada upacara bendera ini yang menjadi pembina upacaranya adalah Komisoner KPU Kota Balikpapan. Ini berbeda dengan upacara bendera seperti biasanya, di mana yang menjadi pembina upacara dalah kepala sekolah atau salah satu dewan guru.

Sosialisasi Pilkada Tahun 2020 bertemakan GTS yang pertama adalah SMA Negeri 3 Balikpapan dengan pembina upacara Yan Fauzi Wardana. Sedang Sosialisasi ke 2 adalah SMK Negeri 2 Balikpapan dengan pembina upacara Mega Feriani Ferry. Sedang untuk SMA Patra Darma yang menjadi pembina upacara adalah Ridwansyah Heman.

Para komisioner KPU Kota Balikpapan ini, dalam amanat yang disampaikannya, agar para siswa yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki KTP Elektronik sudah berhak untuk mengikuti Pilkada dengan cara datang ke TPS dan memilih salah satu pasangan calon dari sekian pasangan calon yang ada.

Kemudian para komisioner menghimbau kepada siswa agar tidak ikut ikutan menjadi golongan putih atau golput atau tidak ikut mencoblos. Komisioner KPU Kota Balikpapan sangat berharap kepada para siswa agar benar benar menyimak dan membaca para pasangan calon itu dengan cara melihat atau membaca yang ada di spanduk, banner ataupun poster yang kini sudah tersebar di beberapa sudut Kota Balikpapan. “Jadi kami mohon adik adik sekalian menyimak benar benar apa visi misi mereka yang ada di spanduk atau banner yang mereka pasang itu,” ujar Ridwansyah Heman.

Para Komisioner juga menyampaikan, para siswa yang akan  berusia 17 tahun tepat pada tanggal 23 September 2020 yang akan datang juga memiliki hak yang sama, yaitu dapat juga memilih pasangan calon. “Maka dari itu nanti petugas kami akan datang ke rumah kalian, untuk mendata kalian beserta keluarga kalian. Siapa siapa saja yang masuk daftar pemilih, petugas kami akan mendatanya. Petugas kami itu namanya PPDP. Yang artinya Panitia Pemutakhiran Data Pemilih. Mereka nanti akan mencoklit. Mencoklit itu adalah pencocokan dan penelitian,” ujar Komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Feriani Ferry di hadapan ratusan siswa yang hadir di kegiatan tersebut.

Setelah upacara bendera selesai dilaksanakan, Komisioner KPU Kota Balikpapan menyerahkan boneka maskot Pilkada Kota Balikpapan kepada pihak sekolah. Dan juga memberikan 10 boneka maskot Pilkada balikpapan kepada siswa yang berhasil menjawab yang diajukan oleh Komisioner KPU Kota Balikpapan.