Jum. Jul 3rd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Gencar Lakukan Pendidikan Pemilih di SMA

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan kembali melakukan sosialisasi dengan tema KPU Goes To School (GTS) yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Balikpapan, Senin (02/03/2020).

Sosialisasi ini disampaikan saat upacara bendera yang biasa dilaksanakan pada setiap hari Senin pagi dengan pembina upacara Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dihadiri seluruh guru serta hampir 900 siswa siswi yang ada di sekolah tersebut.

Dalam amanatnya Noor Thoha menyampaikan bahwa pada 23 September 2020 mendatang akan diadakan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan.

“Adik-sekalian yang sudah berusia 17 tahun sudah memiliki hak pilih nanti pada 23 September, silahkan datang ke TPS dan coblos salah satu calon yang anda pilih,” ujar Noor Thoha.

Ia juga menyampaikan bahwa bagi siswa yang saat pemilihan nanti genap berusia 17 tahun juga memiliki hak yang sama dengan siswa yang sudah berusia 17 tahun.

“Adik adik juga jangan khawatir kalau saat ini belum berusia 17 tahun, namun pada saat pencoblosan nanti sudah berusia 17 tahun, maka adik-adik punya hak yang sama. Yaitu dapat mengikuti pemilihan walikota dan wakil walikota Balikpapan nanti,” imbuhnya.

Di hadapan ratusan siswa, Noor Thoha juga berpesan bahwa dalam menyoblos nanti sesuaikan dengan hati nurani para siswa. Sebab dalam waktu dekat ini para calon itu akan ada foto serta visi misi para calon.

“Saat inikan sudah ada beberapa gambar atau baliho. Nanti saat kampanye dilakukan, para pasangan calon itu akan memajang foto, nama, nomor urut serta visi misinya. Di situ kalian diharapkan untuk menyimak baik-baik visi misi para calon tersebut. Dari situ kalian menjatuhkan pilihannya saat pencoblosan nanti,” imbuh Noor Thoha.

Usai menyampaikan amanatnya, acara dilanjutkan dengan pemberian boneka maskot Pilkada Kota Balikpapan kepada 10 siswa. Namun sebelum memberikan boneka tersebut, Noor Thoha memberikan 1 pertanyaan kepada siswa itu. Bila berhasil menjawab, Noor Thoha memberikan sebuah bonekanya. Dan juga Noor Thoha selaku Ketua KPU Kota Balikpapan secara simbolis menyerahkan 1 buah boneka maskot Pilkada Kota Balikpapan kepada pihak sekolah.