Ming. Sep 20th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Politeknik Negeri Balikpapan Apresiasi Program GTS KPU Balikpapan

BALIKPAPAN—Ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di Politeknik Balikpapan (Poltekba) antusias mengikuti sosialisasi yang disampaikan oleh KPU Kota Balikpapan yang digelar di ruang pertemuan lantai 3 Kampus Poltek Balikpapan, Selasa (03/03/2020).

Hadir pada sosialisasi ini adalah Wakil Direktur III Yogiana Mulyani, M.M.Par serta narasumber dari KPU Kota Balikpapan yakni Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha serta komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Fariany Ferri.

Dalam sambutannya Yogiana Mulyani menyampaikan terimakasih kepada pihak KPU yang sudah bersedia menjadi narasumber pada perhelatan kali ini.

Dirinya menyambut baik atas kehadiran KPU sebab di kampus tersebut segmentasenya masuk dalam pemilih muda.

“Mahasiswa kami di sini hampir seluruhnya adalah pemilih muda. Mereka berusia antara 17-20 tahun. Jadi kehadiran bapak ibu dari KPU Kota Balikpapan ini sangat bermanfaat bagi kami, khususnya kepada para mahasiswa,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan dengan diberikannya pembekalan tentang kepemiluan, mahasiswa diharapkan akan mendapatkan pengetahuan tentang demokrasi serta pengetahuan tentang pemilihan umum.

Ia juga menghimbau kepada para mahasiswa agar mendengarkan baik baik paparan yang disampaikan oleh para komisoner KPU Kota Balikpapan.

Pada kesempatan yang sama Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyampaikan tentang tentang peran pemuda dalam Pemilu. Paparan ini secara garis besar menyampaikan tentang ilmu domokrasi serta pentingnya Pemilu di sebuah negara. Di mana dalam memilih seorang kepala daerah, seluruh warganya memiliki hak yang sama, yaitu satu warga satu suara.

“Di sini kami menyebutnya one man, one vote, one value. Artinya satu warga, satu suara dan satu nilainya. Artinya walau antara pejabat dan orang biasa, sama-sama memiliki hak suara yang sama, yaitu sama sama 1 suara. Tidak bisa karena dia pejabatnya valuenya menjadi lebih dari 1. Jadi tetap satu 1 orang 1 suara,” ujar Noor Thoha.

Ia juga menyampaikan dalam proses pemilihan kepala daerah ataupun pemilihan presiden dan calon legislatif, semua warga negara memiliki hak yang sama dalam mencoblos. Syaratnya yang wajib adalah berusia 17 tahun dan memiliki KTP Elektronik.

“Jadi kalian yang sudah berusia 17 tahun sudah bisa mencoblos. Syaratnya adalah memiliki KTP elektronik dan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT,” ujarnya.

Dalam materi yang disampaikannya, Noor Thoha juga memberikan tentang pentingnya Pemilu yang berazaskan Luber dan Jurdil.

“Dahulu kan sebelum reformasi Pemilu itu hanya dikenal dengan Luber, Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia. Nah sekarang ditambah Jurdil, artinya Jujur dan Adil,” ujarnya.

Sementara iti, komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Fariany Ferry yang menyampaikan tentang persiapan, penyelenggaraan dan evaluasi dalam Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020.

” Kali ini KPU sudah masuk ke dalam persiapan, yaitu perekrutan anggota Panita Pemungutan Suara (PPS). Kami minggu lalu baru saja melantik anggota PPK. Dalam minggu ini kami akan mengadakan test kepada calon anggota PPS. Anggota PPK yang sudah dilantik kemarin juga mengikuti test. Jadi perekrutannya betul-betul melalui beberapa tahapan,” ujar Mega Fariany.

Lebih lanjut Mega menyampaikan, setelah terbentuknya PPK dan PPS, akan dilakukan pemutakhiran data pemilih. Hingga sampai ditentukannya daftar pemilih tetap pada Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020 nanti.

“Jadi tugas PPK dan PPS itu diantaranya melakukan pendataan pemilih. PPK dan PPS ini merupakan perpanjangan tangan KPU dalam melakukan pendataan, pendistribusian logistik hingga nanti penghitungan suara,” ujarnya

Setelah memberikan materinya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Menariknya dalam sesi tanya jawab ini bagi mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Mega Fariany akan mendapatkan sebuah boneka maskot Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020. Usai melakukan sesi tanya jawab kepada 10 mahasiswa yang berhasil menjawab acara ditutup dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.