Jum. Jul 3rd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

222 Calon PPS Ikut Tes Tertulis

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan melaksanakan ujian tertulis bagi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang digelar di Ruang Rajawali Hotel Horison Sagita, Gunung Malang, Balikpapan Rabu (4/03/2020).

Para peserta yang mengikuti ujian tertulis ini berjumlah 222 orang dari 259 yang mendaftarkan diri. Mereka berasal dari 34 kelurahan yang ada di Kota Balikpapan. Ujian tertulis dilaksanakan ini dimulai tepat pada pukul 09.00 dengan waktu pengerjaan soal selama 1jam 40menit.

Materi soal yang diberikan kepada calon anggota PPS itu beruapa pilihan ganda dengan jumlah 100 soal. Di mana ujian tertulis ini soalnya terkait dengan kepemiluan dan kewilayaan.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, peserta ujian tertulis ini diikuti oleh sekurang-kuranya 6 orang dari setiap kelurahan. Namun dari semua kelurahan jumlah pesertanya bervariasi, ada yang satu kelurahan 6 orang. Namun ada juga kelurahan lain yang pesertanya 10 orang.

“Jadi peserta ujian tertulis ini, setiap kelurahan itu kebutuhannya adalah 3. Tapi persyaratannya sekurang-kurangnya adalah dua kali kebutuhan PPS. Alhamdulilaah hampir semua kelurahan terpenuhi. Terkecuali dua atau tiga keluarahan yang tidak terpenuhi,” ujar Noor Thoha di hadapan sejumlah wartawan.

Noor Thoha juga menyampaikan, ujian tertulis kali ini dengan jumlah peserta selama penyelenggaraa pemilu dilaksanakan di Balikpapan. Oleh karenanya KPU Balikpapan harus melakukan seleksi.

Menurut Noor Thoha ini berbeda dengan periode yang terdahulu. Sebab periode terdahulu itu semua anggota PPK maupun PPS hanya cukup mendapatkan rekomendasi dari lurah.

“Tapi sekarang berbeda, mereka PPK, PPS dan KPPS itu direkrut secara terbuka. Dengan mempertimbangkan kemampuan dan kapasitas mereka,” imbuh Noor Thoha.

Ia juga menyampaikan, dalam ujian tertulis ini, soal yang diberikan kepada calon anggota PPS hanya bersifat umum umum saja. Seperti pengetahuan umum tentang kepemiluan, tentang Pemilukada dan penghitungan suara.

Setelah mengikuti ujian tertulis, KPU akan langsung melakukan penilaian berdasarkan ranking dari hasil test ujian yang tertinggi hingga ke peserta nomor 6.

“Setelah ini kita akan ambil 6 besarnya. Kemudian ke 6 calon anggota PPS ini akan menjalani test wawancara. Nah, dari 6 orang itu 3 kita angkat menjadi anggota PPS, serta 3nya menjadi cadangan. Cadangan ini juga penting, sebab apabila ada anggota PPS melanggar aturan sehingga diberhentikan, maka cadanganya inilah sebagai penggantinya,” ujarnya.

Usai melaksanakan ujian tertulis, KPU Kota Balikpapan langsung melakukan penilaian hari itu juga hingga malam hari dan akan diplenokan untuk menetapkan para anggota PPS yang dinyatakan lulus. “Setelah mereka lulus ujian tertulis, kami akan mengadakan test wawancara. Test wawancara ini akan kami laksanakan dalam waktu dekat ini,” pungkas Noor Thoha