Jum. Jul 3rd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Lantik Sekretariat PPK Seluruh Kecamatan di Balikpapan

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan melantik Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Kota (7/2)

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha dalam amanatnya menyampaikan, bahwa dilantiknya Sekretariat PPK sekota Balikpapan ini memang sudah seharusnya dilakukan, sebab saat ini KPU sudah memasuki tahap persiapan. Sehingga untuk menjalani tugas KPU, Sekretariat PPK ini mutlak ada. Sebab ketua dan anggota PPKnya sudah ada dan telah resmi dilantik beberapa hari lalu.

Ia juga menyebut, keberadaan Sekretariat PPK ini murni dibawah Pemerintah Kota Balikpapan.

“Jadi mulai kantor, sekretariat dan segala perangkat kernyanya itu ditanggung Pemkot Balikpapan.” Ujar Noor Thoha.

Noor Thoha juga menyampaikan di samping ada lima anggota PPK juga didampingi tiga sekretariat. Sekretariat itu bendahara dan bagian teknis. Ia juga mengatakan pelantikan ini sengaja baru dilaksanakan sesuai dengan Juknis Nomor 66 Tahun 2020 yang menyebutkan jajaran sekretariat itu di SK kan oleh walikota dan dilantik oleh KPU Kota Balikpapan.

“Esensinya apa, supaya teman teman di jajaran sekreatariat ini mempunyai tanggungjawab yang sama terhadap penyelenggaraan Pilkada di tingkat kecamatan,” imbuh Noor Thoha.

Selama ini menurut Noor Thoha teman teman sekretariat hanya mengurusi adminitrasi, salah satunya masalah keuangan. Untuk itu KPU Kota Balikpapan memandang tanggung jawab sekretariat yang dulu tidak merata.

“Karena baik buruknya penyelenggaraan di tingkat kecamatan itu menjadi tanggung jawab bersama. Baik antara PPK maupun terhadap sekretariat,” pungkas Noor Thoha.

Hadir pada acara pelantikan ini diantaranya Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, seleruh komisioner, sekretaris KPU Kota Balikpapan serta para Ketua dan PPK dari seluruh kecamatan yang ada di Balikpapan.

Selain dihadiri oleh jajaran petinggi di lingkungan KPU Kota Balikpapan, juga hadir Kepala Kesbangpol Kota Balikpapan I Ketut Rasna yang mewakili Walikota Balikpapan, para camat, lurah, para Kapolsek dan Danramil