Rab. Jul 8th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Ratusan Warga Ikuti Test Wawancara Calon Anggota PPS

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan menggelar tes wawancara bagi 179 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilaksanakan di Hotel Horison Sagita, Rabu – Kamis (11-12/03/2020).Test wawancara ini merupakan test lanjutan yang sebelumnya telah diadakan test tertulis yang dilaksanakan minggu lalu. Kemudian setelah dilakukan penilaian test tertulis, KPU mengambil 6 orang dari setiap kelurahan berdasarkan ranking tertinggi hingga ranking ke 6.

Komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Fariany Ferry mengataan pelaksanaan test tertulis ini digelar selama 2 hari. “Jadi hari ini adalah hari kedua kami gelar test wawancara dari 34 kelurahan yang diwajibkan hadir pada hari ini. Sebenarnya jumlah peserta test wawancara ini 189 orang. Namun yang hadir 179 orang, karena 10 orang tidak hadir,” ujar Mega Fariany.

Sedang materi ujian wawancara kali ini menurut Mega Fariany adalah kisi kisi tentang test wawancara yang dilaksanakan hari itu adalah diantaranya rekam jejak calon PPS. Kemudian KPU juga akan menanyakan tentang bagaimana tugas, tanggung jawab serta wewenang seorang anggota PPS. Selain itu juga ada tanggapan masyarakat yang sudah KPU izinkan untuk melakukan tanggapan sejak ujian tertulis selesai dilaksanakan dan setelah ujian wawancara ini selesai dilaksanakan juga akan diumumkan dan diberikan ruang kepada masyarakat untuk memberikan tanggapannya kepada para anggota PPS yang sudah dinyatakan lulus test wawancara.

Pada test wawancara ini petugas yang mewawancarai itu ada seluruh anggota PPK dari masing masing kecamatan yang ada di Balikpapan. Jadi calon anggota PPS ini diwawancarai oleh anggota PPK di tempat mereka berdomisili.

“Para anggota PPK ini didampingi masing-masing  komisioner melakukan sesi wawancara kepada setiap calon anggota PPS satu demi satu secara bergantian dengan masa test wawancara selama 15 hingga 30menit. Makanya test wawancara ini memakan waktu dua hari. Sebab semua peserta test diwawancarai satu demi satu dengan menggunakan 6 ruangan. Di mana satu ruangan digunakan untuk satu kecamatan. kan di Balikpapan ada 6 kecamatan. maka kita menggunakan 6 ruangan juga,” imbuhnya

Mega juga menyebut, bahwa jumlah peserta yang mengikuti test wawancara ini adalah 6 orang dikalikan 34 kelurahan. Berarti seharusnya ada 204 peserta yang mengikuti test wawancara ini. Namun berdasarkan yang hadir hanya 179 orang saja. Sedang 10 orang tidak bisa hadir. Jadi total 189 orang.

Setelah test wawancara ini selesai dilaksanakan dan dilakukan penilaian, KPU akan mengumumkan dengan mengambil 6 besar dari setiap kelurahan. Yang diurutkan dari peringkat 1 hingga peringkat 6 besar di setiap kelurahan. “Bersamaan dengan itu pula, saat hasil test wawancara yang diumumkan itu, KPU Kota Balikpapan memberi ruang kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap para PPS yang dinyatakan lulus tahap ke dua tersebut,” ujar Mega Fariany lagi.

Ia juga menyebutkan bagi PPS yang sudah dinyatakan lulus tanpa adanya sanggahan dan tanggapan dari masyarakat, KPU kembali akan mengumumkan bagi PPS yang terpilih pada 21 Maret yang akan datang.