Rab. Jul 8th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Cegah Virus Corona, Kantor KPU Balikpapan Disemprot Disinfektan

BALIKPAPAN—Pasca merebaknya virus Corona atau Covid 19 yang sudah menyebar di puluhan negara dari seluruh penjuru Dunia, termasuk Indonesia. Di mana untuk Indonesia sendiri Pemerintah RI sudah mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanganan bagi warga yang terkena suspect Corona.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh KPU Kota Balikpapan, dengan berdasarkan Surat Edaran Nomor 8 dari KPU RI tentang penanganan Convid 19. Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyebut, bahwa KPU Kota Balikpapan sudah melakukan langkah-langkah saat ditemui di ruang kerjanya, Senin pagi (23/03/2020).

Langkah-langkah yang dimaksud Noor Thoha itu adalah mensterilkan diri di unit unit kerjanya dengan protokoler sebagaimana yang sudah diatur dalam surat edaran tersebut. Misalnya setiap pegawai KPU Kota Balikpapan harus dicek suhu tubuhnya setiap masuk kantor. Dilengkapi dengan hand sanitizer yang harus dilakukan oleh semua staff.  Selain itu KPU Kota Balikpapan juga sudah menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruangan yang ada di Kantor KPU Kota Balikpapan.

Noor Thoha juga menyampaikan untuk absensi finger print sementara ditiadakan. “Itu sementara tidak boleh dilakukan lagi. Jadi kami menggunakan absensi secara manual saja,” ujar Noor Thoha.

Selain itu, langkah lain yang dilakukan KPU Kota Balikpapan adalah KPU Kota Balikpapan akan mengatur sistem piket. “Jadi hari ini ada beberapa staff yang tidak boleh hadir secara bergantian. Jadi akan dilakukan secara shift-shift an setiap harinya hingga tanggal 31 Maret mendatang. Dan bisa saja ada penambahan waktu untuk pengaturan jam kerja di lingkungan kami ini,” ujarnya.

Selain menggilir masuknya jam kerja bagi seluruh staff KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha juga mengatakan sementara tidak ada rapat-rapat atau pertemuan pertemuan juga ditiadakan. “Jadi saat ini kita koordinasi dengan menggunakan HP, by WA. Semua kita lakukan dalam rangka membantu dan menanggulangi penyebaran virus Corona sampai dengan waktu yang tidak ditentukan,” ujarnya.

Namun apabila virus Corona ini mereda menurut Noor Thoha, maka kegiatan sudah mulai lagi dilakukan. “Makanya KPU belum bisa menentukan Surat Keputusan terkait dengan sampai kapan penundaan ini. Sampai sekarang belum ada. Karena ini sangat tergantung sampai kapan penyebaran virus Corona ini akan berakhir,”pungkas Noor Thoha.