Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Ikuti Rapat Melalui Video Conference Bersama Kementrian Dalam Negeri

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan mengikuti rapat melalui video conference bersama Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. Rapat ini diigelar di ruang rapat Kantor KPU Kota Balikpapan, Sabtu (6/6/2020).

Hadir pada rapat tersebut diantaranya adalah Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, seluruh komisioner, Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani, Kasubbag Program dan Data serta bendaharawan Sekretariat KPU Kota Balikpapan.

Dalam video conference tersebut, Ketua dan seluruh komisioner beserta sejumlah staff Sekretariat KPU Kota Balikpapan yang hadir tampak menyimak dengan seksama arahan yang disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri Hadi Prabowo. Dan hadir pula Direktorat Jenderal Pembinaan Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri Bahri, SSTP, M.Si.

Dalam pertemuan melalui video confrence itu, diikuti oleh seluruh KPU tingkat Provinsi, KPU tingkat kabupaten dan KPU tingkat Kota dari seluruh Indonesia. Serta para gubernur, bupati, walikota  dan BPKD dari seluruh Indonesia turut serta mengikuti kegiatan ini

Dalam rapat ini ada beberapa  hal yang dibahas,  diantaranya tentang tahapan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 termasuk masalah anggaran. Di mana saat ini rancangan PKPU masih berjalan. Dan dalam waktu dekat akan segera diterbitkan PKPU yang baru yang isinya tentang tahapan dan jadwal Pilkada Tahun 2020.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan sesi tanya jawab oleh beberapa KPU dari berbagai provinsi, kabupaten dan kota yang ada di Indonesia.

Pertemuan melalui video conference ini sengaja dilakukan antara Kementrian Dalam Negeri dengan KPU RI dan diikuti seluruh gubernur, bupati, Bawaslu dan BPKD se-Indonesia.

Kemendagri memberi arahan sekaligus berdiskusi terkait penggunaan anggaran, pasca berubahnya jadwal pencoblosan yang awalnya 23 September 2020 kemudian berubah menjadi tanggal 9 Desember 2020.

Ditetapkannya perubahan tanggal pencoblosan ini pasca dilakukannya Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara KPU RI dengan Komisi II DPR RI beberapa hari yang lalu. Di mana dalam RDP tersebut DPR RI sepakat Pilkada bisa digelar pada 9 Desember 2020.