Ming. Agu 9th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Tahapan Pilkada Balikpapan Kembali Dilanjutkan

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan mengundang sejumlah media dalam rangka dimulainya tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan, pasca terbitnya PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 yang digelar di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan, Sabtu (13/06/2020).

Pada konfrensi pers ini hadir Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, seluruh komisioner, Sekretaris KPU Kota Balikpapan dan seluruh Kasubbag Sekretariat KPU Kota Balikpapan. Acara konfrensi ini sengaja digelar KPU Kota Balikpapan untuk memberikan informasi tentang terbitnya PKPU yang baru tentang jadwal Pilkada Kota Balikpapan, yaitu PKPU Nomor 5 Tahun 2020

PKPU Nomor 5 Tahun 2020 ini diterbitkan pasca dihentikannya sejumlah kegiatan yang ada di PKPU sebelumnya, yaitu PKPU Nomor 16 tahun 2019  terkait adanya wabah Covid 19 yang melanda tanah air sejak awal Maret hingga dipenghujung bulan Mei lalu. sehingga sejumlah kegiatan yang ada di PKPU Nomor 16 Tahun 2019 sebagian tidak dapat dilaksanakan.

Ketua KPU Kota Balikpapan dalam sambutannya di hadapan sejumlah awak media mengatakan, dengan diterbitkanya PKPU yang baru ini, ada beberapa kegiatan yang dipangkas. Seperti sosialisasi. “Sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid 19, kita kan dilarang melakukan kegiatan dengan mengumpulkan banyak orang. Seperti sosialisasi itu kan mengumpulkan banyak orang. Nah sekarang sosialisasi kami kemas berbeda,” ujar Noor Thoha

Ia menyebutkan bahwa, sosialisasi yang akan dilakukan KPU Kota Balikpapan salah satunya adalah berkerjasama dengan media. Baik itu media cetak, media elektronik maupun media sosial atau internet. “Sekarang ini kan hampir semua orang tidak lepas dari HP berbasis android atau IOS. Dan warga sekarang hampir semuanya memiliki media sosial. Nah maka dari itu kami sangat memohon kepada teman-teman wartawan, agar turut serta bersama KPU untuk memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan KPU Kota Balikpapan sesuai dengan agenda yang ada di PKPU yang baru ini,” imbuhnya.

Noor Thoha juga menyampaikan, bahwa agenda terpenting dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020 itu adalah Pendaftaran paslon pada tanggal 4 – 6 September, pemeriksaan kesehatan tanggal 4 – 11 September. Penetapan paslon pada tanggal 23 September. Pengundian nomor urut paslon pada tanggal 24 September. Kampanye dari tanggal 26 September hingga 5 Desember. Pengumuman Daftar Pemilih Tetap dari tanggal 28 Okt – 6 Desember. Masa tenang 6 hingga 8 Desember. Dan yang terpenting adalah pemungutan suara pada tanggal 9 Desember. “Jadi mohon diingat teman teman sekalian, bahwa Pilkada kita di Balikpapan ditetapkan pada tanggal 9 Desember 2020. Kami mohon kerjasamanya, agar teman teman turut serta mengkampanyekan bahwa pada tanggal 9 Desember itu adalah Pilkada, yaitu pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan,” pungkas Noor Thoha.

Selain Noor Thoha memberikan sambutan, 4 komisioner lain juga turut memberikan pesan, yang intinya dalam penyampaian mereka bahwa media merupakan mitra KPU dalam proses demokrasi dan turut memberikan himbauan kepada masyarakat luas tentang pentingnya memilih kepala daerah sesuai hati nurani warga negara yang memiliki hak pilih.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim mengatakan, terkait dengan himbauan pemerintah tentang pencegahan Covid 19, KPU akan mencanangkan jalannya proses Pilkada ini dengan mematuhi anjuran pemerintah, yaitu selalu mengenakan masker, sesering mungkin mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu menjaga kesehatan. “Kami sendiri di KPU juga sudah menerapkannya. Mulai dari ketua, seluruh komisioner, sekretaris, para Kasubbag dan staff Sekretariat KPU Kota Balikpapan mengenakan masker dan menyediakan tempat mencuci tangan di beberapa titik yang ada di kantor kami. Dan semua tamu yang berkunjung ke Kantor KPU Kota Balikpapan juga harus melewati penjagaan. Para tamu yang berkunjung itu disemprot disinfektan pada kendaraannya. Melakukan pengecekan suhu tubuh dengan termo gun dan para tamu wajib mencuci tangan dengan sabun yang sudah kami sediakan tepat di pos penjagaan,” ujar Syahrul Karim.