Ming. Agu 9th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Patuhi Protokol Covid 19, KPU Kota Balikpapan Lantik Anggota PPS Secara Bergelombang

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan melakukan pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekota Balikpapan secara bertahap, yang dilaksanakan dari pagi, siang dan malam yang berlangsung di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan, Senin (15/06/2020).

Pelantikan anggota PPS yang pertama dilaksanakan adalah Anggota PPS sekecamatan Balikpapan Selatan dan sekecataman Balikpapan Barat. Di mana untuk Kecamatan Selatan terdiri dari anggota PPS kelurahan Sepinggan, Kelurahan Sepinggan Raya, Kelurahan Sepinggan Baru, Kelurahan Damai Bahagia, Keluarahan Damai baru, Kelurahan Gunung Bahagia dan Kelurahan Sungai Nangka. Masing masing kelurahan terdiri dari 3 orang Anggota PPS. Begitu pula untuk Kecamatan Balikpapan Barat, terdiri dari Anggota PPS dari Kelurahan Baru Ulu, Baru Ilir, Baru tengah, Margasari, Marga Mulyo dan Kariangau.

Kemudian untuk pelantikan tahap ke dua adalah pelantikan anggota PPS sekecamatan Balikpapan Timur dan sekecamatan Balikpapan Utara yang dilaksanakan pada siang hari, pukul 14.00 yang berlangsung di Aula Kantor KPU Kota Balikpapan. Untuk Kecamatan Balikpapan Timur terdiri dari Kelurahan Manggar, Manggar Baru, Teritip dan Lamaru. Begitu pula untuk Kecamatan Balikpapan Utara adalah kelurahan Muara Rapak, Graha Indah, Batu Ampar, Gunung Samarinda, Gunung Samarinda Baru dan Karang Joang. Di mana masing masing-masing kelurahan terdiri dari 3 orang anggota PPS.

Dan pelantikan anggota PPS gelombang ke tiga dilaksanakan pada malam hari pukul 20.00 yang dilaksanakan di halaman kantor KPU Kota Balikpapan. Pelantikan yang terakhir adalah pelantikan sekecamatan Balikpapan Tengah dan sekecamatan Balikpapan Kota. Untuk anggota sekecamatan Balikpapan Tengah terdiri dari anggota PPS Kelurahan Gunung Sari Ilir, Gunung Sari Ulu, Mekar Sari, Karang Rejo, Sumber Rejo dan Karang Jati. Sedang untuk anggota PPS sekecamatan Balikpapan Kota terdiri dari anggota PPS Kelurahan Prapatan, Telaga Sari, Klandasan Ulu, Klandasan Ilir dan Kelurahan Damai.

Pelantikan anggota PPS ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan, Ketua Bawaslu Balikpapan serta sejumlah perwakilan dari Polres Balikpapan. Prosesi pelantikan Anggota PPS ini berlangsung khikmad sebab pada pelantikan ini ada prosesi pengambilan sumpah dan janji di atas kitab suci dengan melibatkan tokoh agama, yaitu ulama dan pendeta dari Kementrian Agama Kota Balikpapan.

Usai pengambilan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan oleh perwakilan masing masing kelurahan, kemudian ditandatangani pula oleh Ketua KPU Kota Balikpapan serta ulama dan pendeta turut pula menandatangani pakta integritas tersebut sebagai saksi.
Usai mengikuti pelantikan, para anggota PPS ini langsung mengikuti Bimbingan teknis yang disampaikan langsung oleh seluruh Komisioner KPU Kota Balikpapan. Bimtek yang pertama dilakukan usai pelantikan gelombang pertama yang dimulai pukul 10.00 hingga pukul 13.00. sedang Bimtek gelombang ke dua dimulai pukul 14.30. Dan Bimtek yang terakhir dilakukan pada pukul 20.30 usai mengikuti pelantikan pukul 20.00.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, pelantikan secara bergelombang ini sengaja dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid 19. Yaitu melantik anggota PPS ini dengan menjaga jarak antara anggota yang satu dengan lain dengan jarak 2 meter saat prosesi pelantikan. Begitu pula dengan Bimtek juga mengikuti protokol kesehatan, yaitu dengan menjaga jarak dan mengenakan masker.

“Biasanya KPU melantik anggota PPS itu secara serentak di halaman atau di dalam ruangan. Namun karena adanya peraturan pemerintah tentang protokol Covid 19, yang isinya diantaranya dilarang melakukan pertemuan dengan mengumpulkan orang banyak, maka kami membaginya 3 gelombang. Total keseluruhan anggota PPS itu semuanya ada 102 orang dari 34 kelurahan yang ada di Balikpapan,” ujar Noor Thoha.

Ia juga menyebutkan pelantikan ini sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid 19. Makanya saat pelantikan anggota PPS yang dilantik dijaga jaraknya 2 meter antara anggota PPS yang satu dengan yang lain. “Demikian juga saat melakukan Bimtek, kami juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19. Di mana anggota PPS yang mengikuti Bimtek menjaga jarak dan wajib menggunakan masker. Makanya kami membaginya menjadi 3 gelombang. Mulai dari pagi, siang dan malam. Tujuannya adalah agar pelantikan ini dapat dilakukan dalam satu hari, sesuai dengan tahapan, program dan jadwal yang ada di PKPU Nomor 5 Tahun 2020,” pungkas Noor Thoha.