Ming. Agu 9th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Puluhan Operator PPK dan PPS Ikuti Raker Pencermatan Data Pemilih

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan melaksanakan Rapat Kerja Pencermatan Data Pemilih Operator Data PPK dan PPS sekota Balikpapan dalam rangka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020, yang digelar di Aula Kantor KPU Kota Balikpapan, Kamis pagi (25/6/2020).

Hadir pada kegiatan Rapat Kerja ini diantaranya adalah Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan seluruh Komisioner KPU Kota Balikpapan serta Kasubbag Program dan Data Sekretariat KPU Kota Balikpapan.

Dalam Rapat Kerja ini peserta yang hadir adalah para operator mulai dari operator PPK yang bertugas di seluruh Kecamatan yang ada di Balikpapan. Dan operator PPS yang bertugas di seluruh kelurahan yang ada di Balikpapan.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam sambutannya mengatakan, Rapat Kerja ini sengaja dilaksanakan untuk memberikan arahan serta masukan terkait tugas dari seorang operator PPK dan PPS. “Teman-teman ini memiliki tugas tentang penginputan data pemillih di setiap kecamatan maupun kelurahan yang ada di Kota Balikpapan ini. Tugas ini terbilang sulit. Sebab penginputan data pemilih bukanlah tugas yang mudah. Sangat membutuhkan ketelitian,” ujar Noor Thoha.

Ia juga menyampaikan, para operator dituntut untuk fokus kepada kegiatan yang diembannya. Sebab sebagai operator tidak mudah. Dan tidak semua orang mampu melakukan kegiatan ini. “Saya juga berharap kepada teman teman operator. Agar kiranya senantiasa fokus pada pekerjaannya. Terlebih di tengah pandemi Corona 19 ini. Untuk itu teman teman operator diharapkan agar tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid 19 saat bekerja dan wajib menjaga kesehetan. Sebab tugas teman-teman operator cukup panjang, yaitu sampai dengan penetapan Daftar Pemilih Tetap,” imbuhnya.

Selain ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT), menurut Noor Thoha nanti akan ada DPTHP, yaitu Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan. “DPTHP ini juga membutuhkan konsentrasi penuh bagi teman teman operator sekalian. Dan yang perlu diingat jangan sampai ada yang melakukan kelalaian atau kesalahan saat melakukan penginputan data pemilih. Untuk itu saya sangat berharap agar teman-teman selalu fokus saat melakukan penginputan data pemilih,’ pungkas Noor Thoha.

Usai Noor Thoha menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Balikpapan Yan Fauzi Wardana. Yan Fauzi menyampaikan tentang teknis penginputan data pemilih. Di mana Yan Fauzi sendiri adalah yang membidangi Program dan Data di Sekretariat KPU Kota Balikpapan. Dirinya secara gamblang memberikan dasar dasar tentang penginputan data pemilih kepada peserta yang hadir saat itu.

Setelah menyampaikan materi, acara Raker selesai dilaksanakan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama