Ming. Agu 9th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Gelar Orientasi Tugas Kepada PPK dan PPS Sekota Balikpapan

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan mengadakan orientasi tugas bagi petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Sekretaris PPK dan Sekretaris PPS sekota Balikpapan yang digelar di Hotel Horizon Sagita, Gunung Malang, Balikpapan Sabtu – Minggu (27-28/06/2020). Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19 secara ketat.

 

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, kegiatan Orientasi Tugas ini sengaja digelar untuk memberikan arahan serta petunjuk terkait tugas utama seorang anggota PPK dan PPS. “Para anggota PPK dan PPS inikan merupakan perpanjangan tangan KPU. Sehingga mereka wajib mengikuti orientasi tugas ini. Agar saat bertugas di lapangan nanti mereka sudah memiliki bekal untuk menjalani tugasnya,” ujar Noor Thoha.

Ia juga menyebut dalam Orientasi Tugas ini banyak materi yang disampaikan. Seperti Tata Kelola penyelenggaran Pilkada Tahun 2020, Teknis Kepemiluan, Potensi Masalah Pilkada, Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Pengelolaan Data Pemilu, Nilai, Azas dan prinsip Pilkada 2020, kesekretaritan pelaporan kegiatan dan tata kelola keuangan dan Best Experience Teknis Penyelenggaraan Pilkada 2020 serta beberapa materi lainya. “Dalam Ortug ini, banyak materi yang akan diberikan yang disampaikan langsung oleh seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan, Sekretaris KPU Kota Balikpapan, Bawaslu Kota Balikpapan dan mantan Komisioner KPU Kota Balikpapan Bapak Sunawiyanto,” imbuh Noor Thoha.

 

Orientasi Tugas PPK dan PPS untuk Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020 yang digelar selama 2 hari itu dimulai dari pagi pukul 08.00 hingga pukul 18.00. Selain memberikan materi oleh para komisioner, Sekretaris KPU, anggota Bawaslu dan mantan anggota KPU Kota Balikpapan, juga diselingi dengan beagam permainan. Hal ini dilakukan agar para peserta yang mengiktui Orientsi Tugas ini tidak merasa bosan.

“Kami sengaja menyelingi kegiatan Ortug ini dengan beberapa permainan. Tujuannya agar kegiatan ini lebih hidup, lebih menyenangkan, meningkatkan keakraban sesama anggota PPK dan PPS. Dan yang terpenting adalah para anggota PPK dan PPS ini tidak merasa bosan selama mengikuti kegiatan Ortug ini,” pungkas Noor Thoha.


Kegiatan Orientasi Tugas PPK dan PPS pada Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020 ini berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Hingga diakhir kegiatan orientasi tugas ini para anggota PPK dan PPS mengaku merasa senang setelah mengikuti kegiatan tersebut. “Alhamdulillah, saya merasa senang setelah mengikuti kegiatan ini. Selain menambah wawasan, juga menambah pertemanan. Semoga hubungan pertemanan sesama anggota PPK dan PPS ini terus terjalin selama kami menjalani tugas, hingga tugas kami selesai. Dan tentunya kami berharap agar pertemanan ini akan terus terjalin walau Pilkada sudah selesai,” ujar Rahim, salah seorang anggota PPS Kelurahan Karang Jati, Kecamatan Balikpapan Tengah.