Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

PPS Pastikan Calon PPDP Harus Netral

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan kembali melakukan monitoring ke 5 PPS di 5 kelurahan yang ada di Balikpapan. Monitoring ini dilakukan bersamaan oleh 5 komisioner KPU Kota Balikpapan dengan membagi tugas di 5 kelurahan, Rabu (8/7/2020).

Ke 5 PPS yang dimonitoring itu adalah, PPS Kelurahan Sepinggan Raya yang dipimpin oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha. Kemudian PPS Kelurahan Karang Joang yang dipimpin oleh Komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Feriani Ferry. Lalu PPS Kelurahan Gunung Sai ilir yang dipimpin oleh Komsioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim. Berikutnya adalah PPS Kelurahan Prapatan yang dipimpin oleh Komisioner KPU Kota Balikpapan Yan fauzi wardana. Dan yang terakhir adalah PPS Kelurahan Kariangau yang dipimpin oleh Komisioner KPU Kota Balikpapan Ridwansyah Heman.

Selain dipimpin oleh seluruh komisioner, monitoring ini juga diikuti oleh Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani, sejumlah Kasubbag dan staff Sekretariat KPU Kota Balikpapan. Serta ikut pula seorang jurnalis dalam kegiatan monitoring tersebut.

Dalam melakukan monitoring ini, KPU Kota Balikpapan ingin memastikan tentang pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau PPDP. “PPDP ini harus segera selesai dibentuk. Sebab mereka sudah mulai bertugas mulai tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 mendatang,” ujar Noor Thoha.

Selain itu, KPU Kota Balikpapan secara simbolis menyerahkan perlengkapan PPDP berupa baju kaos, topi, ban tangan serta kelengkapan alat tulis dan buku panduan PPDP. Dan menyerahkan kelengkapan untuk pencegahan covid 19, seperti termogun, hand sanitizer, masker, face shield dan sarung tangan karet.


Ia juga berpesan kepada Ketua dan Anggota PPS agar benar-benar memilih petugas PPDP. Dan diusahakan PPDP itu pengurus RT. “Alangkah bagusnya memang petugas PPDP itu adalah ketua RT. Namun perlu diingat, Pak RT itu harus netral. Jangan sampai nanti ada Ketua RT yang terang-terangan menjadi tim sukses pasangan calon, ditunjuk menjadi petugas PPDP. Jadi kalau ketua RT tidak bisa, pilihlah warga yang faham betul tentang wilayah dan warganya. Dan ingat, PPDP juga tidak boleh terlibat dalam tim sukses pasangan calon. Mereka wajib netral,” pesan Noor Thoha.

Noor Thoha juga menyampaikan, bahwa semua petugas, dari tingkat PPK, PPS, PPDP dan KPPS harus mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid 19. “Jadi nanti semua petugas PPDP wajib menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun. Dan saat berkunjung ke warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian, petugas PPDP ini wajib mengenakan masker.

Pada kesempatan yang sama, masing masing Komisioner secara simbolis menyerahkan bantuan 1 set alat kesehatan, seperti : termo gun, face shield, hand sinitizer, masker dan sarung tangan. Dan memberikan seragam untuk PPDP berupa baju kaos, ban tangan serta perlengkapan alat tulis.