Sel. Agu 4th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Gelar Apel Kesiapan PPDP Untuk Coklit Serentak Secara Nasional

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan menggelar apel kesiapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sekota Balikpapan dalam Apel Gerakan Coklit Nasional pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Balikpapan tahun 2020 yang digelar di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan, Sabtu pagi (18/07/2020).

Dalam apel ini, hadir ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, seluruh Komisioner, Sekretaris, seluruh Kasubbag Sekretariat KPU Kota Balikpapan. Selain itu hadir juga ketua beserta anggota dari 6 kecamatan yang ada di Balikpapan dan Ketua PPS beserta anggota dari 34 kelurahan yang ada di Kota Balikpapan.

Pada apel kesiapan PPDP tersebut, hadir sebanyak 34 PPDP. Mereka adalah perwakilan PPDP dari 34 kelurahan yang ada di Kota Balikpapan, yang sebenarnya total keseluruhan PPDP itu ada sebanyak 1500 orang. Dengan mengenakan seragam PPDP, seperti baju, ban tangan, topi dan tanda pengenal. Mereka juga dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan dan face shield.

Apel ini sengaja digelar sebagai tanda bahwa para PPDP ini secara resmi sudah mulai bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) di wilayahnya masing. pada apel ini, para PPDP sengaja berbaris di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid 19, yaitu dengan menjaga jarak antara satu dengan yang lain dengan jarak sekitar 2 meter dan seluruhnya menggunakan masker.

Dalam kesempatan ini pula, salah satu anggota PPDP sempat maju ke depan dan membacakan pakta integritas. Di mana pakta integritas ini wajib ditaati dan dipatuhi oleh semua petugas PPDP.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam amanatnya menyampaikan, bahwa sejak hari ini sampai dengan tanggal 13 Agustus 2020 mendatang para PPDP ini akan melakukan Coklit dari rumah ke rumah di wilayah mereka masing masing. Ia berpesan agar setiap PPDP wajib mengenakan APD saat melakukan pencoklitan. “Saya ucapkan selamat kepada teman teman semua setelah ditetapkan sebagai PPDP. Dan saya minta tolong agar selalu mengenakan APD saat bertugas dan jangan lupa selalu membawa termo gun ketika melakukan Coklit kepada setiap warga,” ujar Noor Thoha.

Ia juga mengatakan, bahwa para petugas PPDP ini dilarang untuk berpose dengan salah satu pasangan calon walikota dan wakil walikota Balikpapan. “Saya ingatkan kepada teman teman, agar kalian jangan sekali kali berfoto dengan pasangan calon, kemudian diposting di media sosial. Apalagi sampai menunjukan jari. Seperti menujukkan jari 1 atau dua. Untuk itu saya ingatkan agar Ini tidak boleh dilakukan,” imbuhnya.

Setelah menyampaikan amanatnya, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha secara simbolis mengalungkan tanda pengenal dan memasangkan topi kepada 2 perwakilan PPDP. Setelah itu apel selesai dilakukan dan para petugas PPDP ini langsung menjalankan tugasnya. Yaitu melakukan pencoklitan di wilayahnya masing-masing.