Sel. Agu 4th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Walikota Balikpapan Jadi Warga Pertama Yang Dicoklit PPDP

BALIKPAPAN—Usai menjalani pelantikan PPDP, para anggota PPDP ini langsung melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) di rumah-rumah yang ada di kecamatan dan kelurahan sekota Balikpapan. Salah satu warga yang dicoklit tersebut adalah Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi, yang dikunjungi di rumah dinasnya, Jalan Syarifudin Yoes, RT 13 Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, Sabtu (18/07/2020).

PPDP dari Kelurahan Sepinggan RT 13 ini datang tak sendirian ketika melakukan pencoklitan di rumah jabatan Walikota Balikpapan. Hadir saat itu Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, seluruh komisioner, sekretaris KPU Kota Balikpapan, Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Camat Balikpapan Selatan dan Lurah Sepinggan Baru dan Ketua RT Sepinggan. Serta hadir pula sejumlah ketua dan anggota PPS Kelurahan Sepinggan Baru dan anggota PPK dari Kecamatan Balikpapan Selatan.

 

Kehadiran mereka disambut langsung oleh HM Rizal Effendi didampingi istrinya Hj Arita. Ia menyambut hangat kedatangan seorang PPDP beserta rombongan yang datang ke kediamannya. Petugas PPDP ini menggunakan seragam lengkap PPDP dan perlengkapan APD seperti Face Shield, masker, sarung tangan dan thermo gun. Bahkan anggota PPDP ini tanpa segan memeriksa suhu tubuh orang nomor satu di Balikpapan tersebut.

Usai memeriksa suhu tubuh, Rizal menyerahkan KTP elektronik miliknya dan dan istrinya serta kartu keluarga. “Saya sekarang tinggal hanya berdua saja di rumah ini. Sehingga di kartu keluarga hanya ada nama saya dan nama istri saya. Anak dan cucu saya sudah tinggal di rumahnya masing masing,” ujar Rizal Effendi.

Usai mengisi formulir, anggota PPDP ini mencatatnya di lembar stiker nama nama yang sudah terdaftar sebagai pemilih, yaitu atas nama Rizal dan istrinya Arita. Kemudian, anggota PPDP tadi menempelkan stiker tadi di pintu masuk rumah dinas walikota itu.

Di hadapan sejumlah wartawan, Rizal Effendi mengatakan, agar pencoklitan ini dapat berjalan lancar, sebab ini untuk menentukan daftar pemilih. Ia juga berharap, agar para PPDP yang jumlahnya sebesar 1500 orang itu dapat berjalan dengan baik dan berharap agar tidak terpapar covid 19.

“Karena Mendagri tadi mengatakan, bahwa Pilkada 2020 adalah Pilkada dengan semangat Covid 19. “Jadi jangan sampai ini menjadi epicentrum baru. Dan petugas harus menjalani protokol kesehatan. Jangan sampai terjadi, terpapar. Dan yang kedua masyarakat harus membuka diri, karena ini penting untuk pendataan. Sehingga warga diharap turut mendukung apa yang dilakukan anggota PPDP ini,” pungkas Rizal Effendi.