Sel. Agu 4th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Wakil Walikota Balikpapan Pastikan Nyoblos di TPS Dikediaman Pribadinya

BALIKPAPAN—Setelah melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) kepada sejumlah pejabat yang ada di Balikpapan, seperti Walikota Balikpapan dan Ketua DPRD Kota Balikpapan. Kali ini giliran Wakil Walikota Balikpapan H Rahmad Masud yang mengikuti pencoklitan di kediaman pribadinya, Kawasan Batu Arang, Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat, Kamis (23/07/2020).

Pencoklitan di kediaman pribadi Rahmad Masud ini sengaja dilakukan, sebab KTP dan Kartu Keluarganya memang beralamat di situ. Yaitu di RT 4 Nomor 25, Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat. “Memang saya tinggal di rumah saya yang satu di kawasan Jalan Bhayangkara, Kecamatan Kota. Namun KTP dan KK saya masih beralamat di rumah ini,” ujar Rahmad Mas’ud.

Nurmiyanti, selaku petugas PPDP yang melakukan pencoklitan di rumah pribadi Rahmad Masud itu rupanya datang tidak sendirian. Kehadirannya di rumah pribadi Rahmad Masud itu didampingi langsung oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, Komisioner KPU Kota Balikpapan Yan Fauzi Wardana, Ketua PPK Kecamatan Balikpapan Barat dan Ketua PPS Kelurahan Baru Tengah.

Dalam pencoklitan itu, Rahmad Masud bersama keluarganya memastikan akan mencoblos di TPS 04, RT 4, Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat. “Iya, saya sengaja memastikan untuk nyblos di kampung halaman saya. Sebab rumah ini rumah orang tua saya dan rumah saudara-saudara saya. Dan rumah ini juga tempat saya dilahirkan dan dibesarkan,” ujar Rahmad Masud.

Saat pencoklitan, PPDP mencatat nama nama yang sudah memiliki hak pilih, sesuai dengan Kartu Keluarga yang dimiliki Rahmad Masud. Di Kartu Keluarga tersebut, yang memiliki hak suara adalah Rahmad Masud, istrinya Hj Nurlena dan putra pertamanya bernama Cindara Rahmad. Usai melakukan pencoklitan, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha langsung menempel stiker Model AA2-KWK di pintu masuk rumah Rahmad Masud. Stiker tersebut tertera nama nama yang sudah masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT.

Di hadapan sejumlah awak media, Noor Thoha mengatakan, sebenarnya pada tanggal 18 Juli lalu, KPU Kota Balikpapan sudah shekedjulkan pejabat pejabat yang akan dicoklit, seperti Walikota, Ketua DPRD dan sejumlah anggota DPRD Kota Balikpapan. “Nah kebetulan Pak Wawali ini berangkat ke Jakarta waktu itu dan kesanggupan beliau yaitu pada hari ini,” ujar Noor Thoha.

Lebih lanjut Noor Thoha menyampaikan, bahwa pencoklitan ini sengaja dilakukan atas kemauan Rahmad Masud sendiri. Dan secara adminitrasi, Rahmad Masud memang tinggal di Kecamatan Balikpapan Barat.

“Maka kami sengaja hadir di sini untuk memastikan, yang pertama jumlah pemilih di dalam KK Pak Wawali ini ada berapa? Serta menunggu kepastian beliau ini memilih di mana? Ternyata beliau memastikan akan menoblos di Balikpapan Barat. Dan memastikan beliau termasuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap. Nah, ini tidak ada masalah bagi KPU. Artinya, Pak Wawali bersama istri dan anaknya, nanti akan mencoblos di lingkungan rumah pribadinya pada tanggal 9 desember mendatang,” papar Noor Thoha.