Sel. Agu 4th, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Gelar Rakor Pelaksanaan Tahapan Pilkada 2020

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan mengadakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020, yang digelar di Aula Kantor KPU Kota Balikpapan, Senin (27/7/2020).

Hadir pada Rakor tersebut diantaranya Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, seluruh komisioner, Sekretaris KPU Kota Balikpapan dan sejumlah stake holder, seperti Waka Polresta Balikpapan, Kabagops Polresta Balikpapan, Kasat Intel Polres Balikpapan, Pasiops Kodim 0905 Balikpapan, Perwira dari Lanud Balikpapan, TAPD Pemkot Balikpapan, Kesbangpol Kota Balikpapan dan Bawaslu Kota Balikpapan.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, bahwa Rakor ini gelar dengan mengundang stake holder terkait. Di mana materi yang disampaikan adalah bagaimana agar tingkat partisipasi harus tinggi. Begitu pula penyelenggaraan ini harus aman, damai dan lancar. Serta secara adminitrasi KPU Kota Balikpapan tidak ada kendala, maka sejauh mungkin KPU Kota Balikpapan melakukan komunikasi-komunikasi yang bagus dengan Bawaslu, dengan Kepolisian, kejaksaan dan TNI AD untuk membangun sinergitas.

“Lebih specifik, kita ini dengan Bawaslu, kita terkait dengan pengawasan Bawaslu di tingkat bawah. Di tingkat bawah ini mereka melakukan pemutakhiran data pemilih dan Bawaslu harus melakukan pengawasan. Nah, instrumen pengawasan itu kami ini tidak tahu. Apa teman teman pengawasan di tingkat bawah ini yang mereka lakukan,”ujarnya.

Lanjut dia menjelaskan dengan adanya rakor ini menghasilkan kesepahaman bersama dalam setiap tahapan pilkada.

“Ada beberapa yang bingung. Sehingga ada teman teman PPDP, mereka inikan sambil kerja tiba-tiba dimintai data, dengan pakai WA,kemudian di foto. Nah, mereka inikan bingung. Maka kami komunikasikan dan ternyata sudah clear,” ujar Noor Thoha.