Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

DPRD Kukar ‘Belajar’ Managemen Pemilu di KPU Balikpapan

BALIKPAPAN—Sebanyak 10 orang dari DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan kunjungan kerja ke kantor KPU Kota Balikpapan, yang digelar di Aula KPU Kota Balikpapan, Jumat pagi (14/08/2020).

Rombongan DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara itu adalah dari Komisi I DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi 1 DPRD Kukar Supriyadi Spdi M.Pd, Wakil Ketua H Akhmad Jaiz, Sekretaris H Abdul Rahman SH serta seluruh anggota DPRD Komisi 1 sebanyak 7 orang. serta hadir pula staf ahli dan staff Komisi I DPRD Kabupaten Kukar

Kedatangan Rombongan Komisi I DPRD Kukar ini diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Balikpapan, didampingi 2 komisioner, yaitu Mega Feriany Ferry dan Ridwansyah Hemas. Dan hadir juga Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani.

Dalam pertemuan tersebut, banyak hal hal yang disampai KPU Kota Balikpapan kepada rombongan. Diantaraya tentang proses jalanannya tahapan Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020. Dan pada momen ini juga sempat diadakan tanya jawab dan bertukar pikiran terkait pengalaman KPU saat melaksanakan Pilgub 2018 dan Pemilu 2019.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, bahwa kunjungan kerja DPRD Kukar ini merupakan DPRD pertama yang datang ke Kantor KPU kota Balikpapan di luar DPRD Provinsi. “Artinya kalau KPU Kota Balikpapan dikunjungi oleh DPRD Provinsi itu biasa. Nah ini berbeda, sampai kali ini baru satu DPRD tingkat  kabupaten di Kaltim yang melakukan Kunker ke KPU Kota Balikpapan. Dan ini menjadi kehormatan tersendiri bagi kami,” ujar Noor Thoha.

Kehadiran Rombongan Komisi I DPRD Kukar ini merupakan study komparatif. Terutama masalah Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh tanah air, termasuk Balikpapan.  Menurut Noor Thoha kondisi geografis antara Kukar dan Balikpapan memiliki perbedaan. Namun dalam segi DPT dan TPSnya menurut Noor Thoha sama saja.  “Makanya beliau ingin tahu banyak apa yang dilakukan oleh KPU Kota Balikpapan. Strategi strategi apa saja yang sudah kami lakukan. Diantaranya bagaimana cara kita mengantisifasi turunnya partispasi pemilih di masa Pandemic,” ujar Noor Thoha.

Sementara itu Wakil Ketua I DPRD H Akhmad Jaiz mengatakan, maksud dan tujuan mereka ke KPU Kota Balikpapan terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Ahmad Jaiz, jajarannya ada kekhawatiran dengan masih maraknya Covid 19.  Untuk itu jajaran Komisi I DPRD Kukar ingin menanyakan, mekanismie apa yang dilakukan KPU Kota Balikpapan di tengah masih mewabahnya Covid 19 di Kota Balikpapan.  “Dengan adanya Covid 19 ini, dengan adanya pesta demokrasi ini, apakah bisa berjalan dengan baik atau tidak,” ujar Akhamd Jaiz.

Ia juga menyampaikan, bagaimana tatanan tatanan yang dilakukan supaya warga yang mempunyai hak suara untuk memilih antusias datang ke TPS saat penjoblosan di 9 Desember 2020 mendatang yang bersamaan dengan masih adanya wabah Covid 19. “Kalau ini bisa berjalan dan segala persiapannya hari ini teman teman yang ada di wilayah Kalimantan Timur, khususnya 9 kabupaten kota yang menggelar Pilkada itu mampu berjalan dengan baik dan sukses. Hal ini tentu saja mengangkat nama baik provinsi Kalimantan Timur,” pungkas Akhmad Jais.