Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Tuntaskan Pencoklitan 100%

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan menyatakan telah selesai melakukan Pencocokan dan Penilitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau PPDP pada tanggal 13 Agustus yang lalu secara 100%. Hal ini seperti disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Balikpapan Yan Fauzi Wardana, Senin (17/08/2020).

Menurut Yan Fauzi, data yang sudah dicoklit itu akan di data di tingkat PPS kemudian diinput dalam format Excel. Dengan mengakatagorikan untuk pemilih baru dan TMS serta ubah data. Kemudian setelah itu hasilnya akan diberikan kepada PPK untuk diiput ke Sidalih. “Jadi sebelum tanggal 29 Agustus itu mereka sudah harus selesai. Karena mereka akan melakukan rapat pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran atau DPHP dari tanggal 30 Agustus hingga tanggal 1 September di tingkat PPS,” ujar Yan Fauzi.

Lebih lanjut Yan Fauzi mengatakan, setelah pleno tingkat PPS akan dilanjutkan di tingkat PPK pada tanggal 2 hingga 3 September mendatang. Setelah itu lanjut di tingkat KPU Kota Balikpapan pada tanggal 4 September. “Jadi nanti setelah tingkat kota menetapkan menjadi DPS, baru diumumkan atau dinaikkan. Yang lokasi pengumumannya ada di setiap kantor kelurahan dan kecamatan yang ada di Balikpapan,” ujar Yan Fauzi lagi.

Yan Fauzi juga mengatakan dari hasil Pencoklitan yang dilakukan PPDP itu semuanya berjalan lancar tanpa adanya hambatan apapun. Di mana Pencoklitan ini dimulai dari tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus semua Pencoklitan berjalan sesuai target.

Iapun juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada PPDP ini. Sebab ditengah pandemi Covid 19 ini, semua PPDP mampu menjalankan tugasnya dengan baik dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid 19, seperti mengenakan masker, face shield, sarung tangan dan hand sanitizer saat melakukan Pencoklitan. “Saya ucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada teman-teman PPDP yang sudah selesai menjalankan tugasnya di tengah pandemi seperti sekarang ini, mereka telah berhasil menjalankan tugasnya dengan baik,” pungkas Yan Fauzi.