Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Belasan Pengurus Partai Politik Hadiri Acara Sosialisasi Pencalonan

BALIKPAPAN—Sebanyak puluhan pengurus dari Partai Politik yang ada di Kota Balikpapan menghadiri acara Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020, yang digelar di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan, Selasa malam (25/08/2020).’

Selain dihadiri oleh pengurus Parpol, juga hadir sejumlah stake holder seperti Kabagpem Setdakot Balikpapan, Kesbangpol Kota Balikpapan, Polresta Balikpapan, Kejaksaan Negeri Balikpapan, Pengadilan Negeri Balikpapan, Kepala Seksi pengawasan dan Konsultasi Kantor Pelayanan Pajak Balikpapan. Dan pada acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, serta seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan para Kasubbag dan seluruh staff Sekretariat KPU Kota Balikpapan.

Acara sosialisasi ini sengaja dikemas dalam bentuk dialog, dengan moderator Syahrul Karim selaku Komisioner Kota Balikpapan. Dan yang menjadi narasumber adalah Suwardi selaku Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Timur. Dan Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi KPP Balikpapan Heri Winarto dan nara sumber lainnya adalah Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha.

Sebelum dialog dibuka, dalam sambutannya Noor Thoha menyampaikan, bahwa acara sosialisasi ini mutlak diketahui oleh seluruh pengurus partai politik. Diantara sambutan yang disampaikannya adalah tentang tahapan. Mulai dari pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan. “Jadi setelah kami menerima berkas pendaftaran dari pasangan calon, mereka wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan. Tes kesehatan ini penting, karena pemeriksaannya menyeluruh, baik jasmani maupun rohani. Untuk itu semoga para bakal calon ini semuanya dalam keadaan sehat, baik jasmani dan rohani. Sebab kalau gagal ditest kesehatan, maka otomatis balon tidak bisa menjadi peserta pada Pilkada tahun ini,” ujarnya.

 

Usai Noor Thoha menyampaikan kata sambutan, giliran Komisioner KPU Kaltim Suwardi yang menyampaikan paparan. Salah satu paparan yang disampaikan adalah tentang tahapan. Dia menyampaikan agar semua bakal calon wajib mengikuti semua tahapan dan jadwal yang sudah ditentukan berdasarkan PKPU Nomo 5 Tahun 2020. Dia juga menyebut, jika masa pendaftaran itu dimulai dari tanggal 4 hingga 6 September mendatang. “jadi masa pendaftaran itu terakhir pukul 24.00  pada tanggal 6 September. Itulah batas akhir pendaftaran,” ujarnya Suwardi lagi.

Setelah Suwardi menyampaikan paparannya, giliran Kepala Seksi pengawasan dan konsultasi KPP Balikpapan Heri Winarto yang menyampaikan materi. Menurutmya digelarnya Pilkada di Kota Balikpapan ini ada beberapa yang wajib ditaati. Berdasarkan PKPU Nomor 9 Tahun 2015, semua bakal calon kepala daerah wajib menyerahkan dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon terkait pemenuhan kewajiban perpajakan.

Berdasarkan pernyataan itu, Heri Winarto menyampaikan, bahwa dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon harus memenuhi kewajiban perpajakan. Jadi para bakal calon itu, harus memiliki foto kopi NPWP, Tanda Terima penyampaian SPT Tahunan PPh WP OP atas nama bakal calon selama 5 tahun terakhir sejak bakal calon menjadi wajib pajak. “Dan yang terakhir adalah, para bakal calon harus menunjukkan tanda bukti tidak mempunyai tunggakan pajak dari KPP terdaftar,” pungkas Heri Winarto.

Setelah penyampaian paparan selesai dilaksanakan acara dilanjutkan dengan sesi tanya  jawab dan ramah tamah kemudian acara dilanjutkan dengan foto bersama para undangan yang hadir malam itu.