Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Melakukan Audiensi Ke Polresta Balikpapan

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan melakukan audiensi kepada Kapolresta Balikpapan beserta jajarannya yang berlangsung di ruang kerja Kapolresta Balikpapan, Jumat (28/08/2020).

Dalam audiensi tersebut, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha didampingi Komisioner lainnya Mega Feriani Ferry, disambut langsung oleh Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi S.IK beserta sejumlah jajarannya.

Dalam audiensi tersebut, Noor Thoha sempat menyampaikan tentang syarat pencalonan dan syarat calon terkait dengan lampiran Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK. Noor Thoha menyampaikan, bahwa semua pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan harus memiliki SKCK yang diterbitkan secara resmi oleh Polresta Balikpapan.

Mengenai SKCK tersebut, Noor Thoha meminta arahan kepada Kapolresta, apakah di dalam SKCK yang diterbitkan Polresta Balikpapan itu seperti apa? Diantaranya tidak pernah melakukan perbuatan tercela. Mengenai perbuatan tercela ini, Noor Thoha menanyakan tentang perbuatan tercela itu seperti apa?

Dalam hal ini, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi menyampaikan, perbuatan tercela itu diantaranya adalah pernah melakukan tindakan melanggar hukum seperti judi, zina, miras dan pernah melakukan kekerasan terhadap seseorang. “Dari semua tindakan itu, tentu harus ada lampiran pelaporan dari para korban dan pelapor. Seperti zina, judi, tindak kekerasan. Namun kalau minuman keras, menurut saya itu masih masuk tindak pidana ringan atau Tipiring,” ujar Turmudi.

Turmudi juga menyampaikan, bahwa sejak beberapa waktu lalu, Polresta Balikpapan tak henti-hentinya melakukan sosialisasi. Diantaranya siap mengamankan kota Balikpapan, mengkampanyekan protokol kesehatan pencegahan covid 19 dan terakhir adalah siap mengamankan jalannya tahapan Pilkada di Kota Balikpapan. “Kami bersama TNI, sudah solid untuk sama sama mengamankan jalannya tahapan Pilkada Kota Balikpapan hingga pengumuman hasil penghitungan suara. Kami dan TNI sudah sama sama bertekad dengan penuh soliditas untuk mengamankan jalannya tahapan Pilkada Kota Balikpapan,”pungkas Turmudi.