Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Sebanyak 34 Orang Ikuti Test Wawancara Calon Relawan Demokrasi

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan menggelar test wawancara bagi calon anggota Relawan Demokrasi yang digelar di Aula Kantor KPU Kota Balikpapan, Jumat (28/08/2020).

Para calon anggota Relawan Demokrasi ini berjumlah 34 orang. Dengan tim penilai dilakukan langsung oleh seluruh Komisioner KPU Kota Balikpapan. Dari 34 orang itu, akan diambil menjadi 25 orang, setelah mengikuti test wawancara.

Dari 25 orang yang nanti akan dinyatakan lulus akan diumumkan dalam waktu dekat ini. 25 orang Relawan Demokrasi atau disingkat Relasi ini akan terbagi menjadi 5 basis. Yaitu, basis netizen, basis perempuan, basis disabilitas, basis Keagamaan dan basis pemilih pemula atau muda.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, test wawancara ini merupakan test yang ke dua kalinya. Di mana untuk test yang pertama adalah seleksi asminitrasi. “Dalam seleksi administrasi itu, awalnya ada 36 orang. Setelah kami seleksi adminitrasi, ada 2 orang tidak memenuhi persyaratan. Sehingga tersisa 34 orang. Nah hari ini mereka kita wawancarai, sebagai test akhir untuk menjadi Relawan,” ujar Noor Thoha.

 

Noor Thoha menyatakan, tugas Relawan Demokrasi ini merupakan perpanjangan tangan KPU Kota Balikpapan dalam rangka menyampaikan tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020 kepada masyarakat luas. “Setelah mereka dinyatakan lolos menjadi Relawan Demokrasi, nanti akan kami berikan bimbingan teknis. Agar para Relawan Demokrasi ini menjalankan tugasnya dengan baik sesuai arahan yang disampaikan oleh kami,” ujar Noor Thoha.

Para Relawan Demokrasi ini bertugas sejak awal September hingga Desember mendatang. Tugas mereka tak lain adalah melakukan sosialisasi ke berbagai basis yang ada, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan sesering mungkin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer di setiap mereka melakukan aktifitas.

“Tujuannya tak lain adalah meningkatkan partisipasi pemilih pada hari pencoblosan nanti. Jadi Relawan Demokrasi sebagai perpanjangan tangan KPU ini diharapkan mampu mendongkrak partisipasi warga pada pada 9 Desember nanti. Dan ditengah pandemi seperti sekarang ini, para Relawan Demokrasi ini sudah dibekali protokol kesehatan. Selain itu mengajak warga untuk ikut berpartisipasi pada 9 Desember nanti. Para relawan ini juga mengajak warga untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid 19, khususnya pada 9 Desember nanti wajib menggunakan masker, sarung tangan dan menjaga jarak,” pungkas Noor Thoha