Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Memperpanjang Masa Pendaftaran

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan mengadakan konferensi pers dengan mengundang sejumlah wartawan. Mulai dari media cetak, media elektronik dan media online yang digelar di halaman kantor KPU Kota Balikpapan, Senin pukul. 00.02 WITA (7/9/2020).

Acara konferensi pers ini sengaja digelar tepat di hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2020. Di mana masa pendaftaran itu dimulai pada tanggal 4 hingga 6 September pukul 00.00 waktu setempat.

Namun sampai dengan batas akhir pendaftaran, bara satu bakal pasangan calon yang sudah melakukan pendaftaran yaitu pasangan Rahmad Mas’ud dan Thohari Azis yang sudah menyerahkan berkas yang isinya berupa dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon. Penyerahan berkas itu sudah mereka lakukan tepat di hari pertama pendaftaran, 4 September 2020.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha di hadapan sejumlah awak media yang hadir malam itu mengatakan, dalam hal sampai berakhirnya tahapan pendaftaran dan didapati hanya satu pasangan calon yang mendaftar, maka KPU berkewajiban untuk menunda atau memperpanjang. Menunda tahapan dan memperpanjang masa pendaftaran.

Lebih lanjut Noor Thoha mengatakan, pada tanggal 7, 8 dan 9 September, KPU Kota Balikpapan wajib mensosialisasikan tentang adanya perpanjangan pendaftaran ini. Dan untuk perpanjangan pendaftarannya adalah pada tanggal 10, 11 dan 12 September mendatang. “Jadi KPU Kota Balikpapan, pada tanggal 7, 8 dan 9 September wajib mensosialisasikan adanya penundaan dan perpanjangan pendaftaran melalui media cetak, media elektronik dan media online,” ujar Noor Thoha.

Implikasi dari penundaan itu menurut Noor Thoha adalah ditundanya pemeriksaan kesehatan. “Jadi pemeriksaan kesehatan yang sedianya kita tetapkan tanggal 7 September. Maka dengan adanya penundaan ini, instruksi dari KPU RI, pemeriksaan kesehatan ditunda. Sampai kapan? Direntang waktu yang kita tunda yaitu antara tanggal 10 sampai tanggal 18 September nanti. Mudah-mudahan kita bisa mengambil di tanggal 10 nya untuk pemeriksaan kesehatannya,” imbuh Noor Thoha lagi.

Jadi malam ini juga KPU Kota Balikpapan langsung berkoordinasi dengan rumah sakit, dengan tim pasangan calon, kepada seluruh dokter pemeriksa, IDI, HIMPSI dan BNN. “Jadi pemeriksaan kesehatan yang sedianya dilaksanakan besok di RSKD, itu harus ditunda. Mengingat adanya penundaan tahapan dan perpanjangan tahapan,” Pungkasnya.