Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Laksanakan Pelantikan PAW anggota PPK dan PPS

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan melaksanakan acara pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota PPK Balikpapan Utara dan Anggota PPS Kelurahan Graha Indah pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2020 yang digelar di halaman kantor KPU Kota Balikpapan, Sabtu pagi (12/09/2020).

Hadir pada acara tersebut diantaranya Ketua KPU Kota Balikpapan, seluruh komisioner, Bawaslu Kota Balikpapan dan sejumlah Ketua PPK sekota Balikpapan dan sejumlah anggota PPS. Pada acara ini semua yang hadir tetap mengedepankan protokol kesehatan, yaitu mengenakan masker, face shield dan sarung tangan.

Prosesi pelantikan PAW ini berjalan khikmat. Di mana ada 2 orang yang dilantik yaitu anggota PPK Kecamatan Balikpapan Utara yang bernama Sainudin digantikan oleh Hendra Bachtiar. Sedang satunya lagi adalah anggota PPS Kelurahan Graha Indah bernama Hendra Bachtiar digantikan oleh Niken Pusporini.

Pelantikan ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan anggota PPK dan PPS yang dilantik. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sumpah dan janji jabatan dan pembacaan pakta integritas yang dibacakan oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha. Dalam pengambilan sumpah janji jabatan itu, kedua anggota PPK dan PPS ini disumpah di bawah kitab suci Alquran yang sengaja didatangkan dari Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara yang di hadapan Ketua KPU Kota Balikpapan dan menjadi saksi adalah ustadz dari Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan.

Penggantian anggota PPK dan PPS ini terjadi dikarenakan, Sainudin mengundurkan diri dari anggota PPK Balikpapan Utara karena mendapat pekerjaan baru di Jakarta. Sehingga dirinya digantikan oleh Hendra Bahtiar. Kemudian untuk anggota PPS Kelurahan Graha Indah yang diganti yang semula dijabat oleh Hendra Bachtiar digantikan oleh Niken Pusporini.

“Untuk Hendra Bachtiar ini, dirinya awalnya adalah anggota PPS. Namun saat pendaftaran anggota PPK, yang bersangkutan di posisi ke 6 dari 5 anggota PPK yang terpilih setelah melewati beberapa tahapan seleksi. Jadi, jika salah satu anggota PPK ada yang mengundurkan diri, maka posisi ke 6 lah yang berhak menggantikan anggota yang mengundurkan diri tersebut,” ujar Komisioner Yan Fauzi Wardana.

Dalam amanatnya, Noor Thoha menyampaikan kepada 1 anggota PPK dan 1 anggota PPS yang baru dilantik ini agar segera beradaptasi di lingkungan barunya, mengingat saat ini KPU Kota Balikpapan sudah memasuki tahap pendaftaran. “Saya berpesan kepada saudara, agar setelah dilantik ini sesegera mungkin bergabung dengan timnya untuk beradaptasi dan menjalankan tugas sesuai dengan jadwal dan tahapan yang sudah ditetapkan,” ujar Noor Thoha.

Noor Thoha juga mengatakan, agar seluruh anggota PPK dan PPS jangan sekali sekali beapiliasi dengan pasangan calon. Jangan pula ikut terlibat di dalam media sosial tentang postingan bakal pasangan calon. “Jadi kalian jangan sampai berfoto bersama dengan pasangan calon, menunjukan jari 1 atau 2 atau 3. Dan jangan pula ikut berkomentar di media sosial tentang bakal pasangan calon. Baik itu di FB, WA dan sejenisnya. Intinya kalian harus benar benar netral,” pungkas Noor Thoha.