Sel. Sep 22nd, 2020

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Resmi Tutup Perpanjangan Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota

BALIKPAPAN—KPU Kota Balikpapan secara resmi menyatakan menutup perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan. Hal ini seperti yang disampaikan Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha pada saat mengikuti konferensi pers di hadapan puluhan awak media yang berlangsung pukul 00.15 di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan, Senin dini hari (14/09/2020).

Di hadapan awak media, Noor Thoha menyampaikan bahwa perpanjangan pendaftaran bagi bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan secara resmi ditutup. Karena perpanjangan pendaftaran yang dimulai tanggal 11 hingga tanggal 13 pukul 00.00 tidak ada lagi bakal pasangan calon yang mendaftar ke KPU. “Hari ini kita masih sama sama berkumpul teman-teman, sampai pukul 00.00 tadi. Tanggal 13 pukul 00.00. Kita sama sama saksikan perpanjangan pendaftaran ini kita tutup, karena tidak ada lagi bakal pasangan calon yang mendaftar,” ujar Noor Thoha.

Hari ini juga KPU Kota Balikpapan membuat Berita Acara, yaitu pada hari Senin 14 September pukul 07.00 akan ada pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon yang sudah mendaftar. “Kami tadi sudah pleno dan menyatakan bahwa sampai tanggal 24.00 tanggal 13 September 2020 perpanjangan pendaftaran kita tutup dalam kondisi tidak ada bakal pasangan calon yang mendaftar,” imbuh Noor Thoha lagi.

Ia juga menyampaikan, ketika saat pendaftaran tertanggal 4 hingga 6 September yang lalu ada satu pasangan calon yang mendaftar. Kemudian diperpanjang dari tanggal 11 hingga 13 September tidak ada yang mendaftar, maka yang sudah mendaftar tanggal 4 hingga 6 September kemarin dilanjutkan dengan tahapan berikutnya, yaitu pemeriksaan kesehatan. “Pemeriksaan kesehatan ini akan dilakukan hari ini, hari Senin nanti pukul 07.00 pagi di Rumah Sakit Kanujoso. Dan nanti saat pemeriksaan kesehatan akan ada seremonial penyerahan bakal pasangan calon kepada tim dokter dari Rumah Sakit Kanujoso,” ujar Noor Thoha lagi.

Setelah pemeriksaan kesehatan, KPU Kota Balikpapan akan melakukan pemeriksaan persyaratan calon. Apabila setelah pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan persyaratan calon selesai dilaksanakan, maka dilanjutkan dengan penetapan bakal pasangan calon di tanggal 23 September 2020 mendatang.