Ming. Nov 17th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

MEGA FARIANY FERRY, S.Kom

Sosok wanita ini sudah tidak asing lagi di lingkungan KPU Kota Balikpapan. Sebelum ditetapkan sebagai Komisioner KPU Kota Balikpapan, Mega sudah lama berkiprah di dunia Kepemiluan. Ia pernah menjadi anggota PPK Kecamatan Balikpapan Utara, periode 2018 hingga 2019.

Kemudian sebelumnya dia juga pernah menjadi anggota PPK Kecamatan Balikpapan Utara, pada saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, mulai dari November 2017 hingga Juli 2018.

Sebelum menjadi anggota PPK, Mega juga pernah tergabung dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS di TPS 46 RT 56 Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara. Kala itu dia bertugas pada momen Pemilihan Kepala Daerah atau Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan pada Desember 2015 yang lalu.

Pengalamannya yang panjang dalam mengikuti proses serta tahapan tahapan dalam berbagai kegiatan pemilihan kepala daerah, menjadikan dirinya terpilih sebagai komisioner KPU Kota Balikpapan. Namun proses perekrutan komisioner ini tentu tidak mudah. Mega harus harus bersaing ketat dengan puluhan peserta lainnya yang turut mendaftar kala itu. Dan akhirnya ia pun berhasil diterima sebagai komisioner KPU Kota Balikpapan untuk periode 2019 hingga 2024.

Selain berpengalaman di bidang kepemiluan. Mega sebenarnya memiliki latar belakang seorang guru. Ia merupakan guru Bahasa Inggris dan Teknologi Ilmu Komputer di SMP Muhammadiyah 2 Balikpapan dari tahun 2009 hingga 15 Maret 2019. Kemudian ia juga mengajar sebagai Guru Bahasa Inggris dan Produktif Teknik Informatika di SMKTI Airlangga Balikpapan, dari tahun 2001 hingga 2006.

Sebelumnya ia juga sempat mengajar sebagai Guru Bahasa Inggris dan Adaptif di SMK Pelayaran Al- Nilam Balikpapan, dari tahun 2000 hingga tahun 2002. Dan ia juga menyempatkan diri sebagai Guru Bahasa Ingris dan Adaptif di SMK Negeri 5 Balikpapan.

Wanita berparas ayu ini merupakan kelahiran Surabaya, pada 25 Agustus 1972. Di mana masa masa pendidikan ditempuhnya diawali dari SD Mujahidin Surabaya lulus tahun 1985. Kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 2 Surabaya, lulus tahun 1988. Kemudian ia melanjutkan penidikannya di SMA Negeri 8 Surabaya dan lulus tahun 1991.

Selulusnya dari SMA, Mega melanjutkan Pendidikan di STMIK STIKOM Balikpapan pada Program Studi Manajemen Informatika hingga lulus Diploma III pada tahun 2006. Setelah meraih gelar sarjana Diploma III, ia kembali menempuh Pendidikan di STMIK Borneo Internasional Balikpapan dengan mengambil program studi Sistem Informasi. Di perguruan tinggi ini, Mega berhasil lulus Strata I dengan mendapat gelar S.Kom pada tahun 2015.