Sel. Sep 24th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

NOOR THOHA, S.Pd., SH

Sosok yang satu ini, sudah tidak asing lagi di masyarakat Kota Balikpapan. Sebab ia dikenal sebagai Ketua KPU Kota Balikpapan dalam 5 tahun belakangan ini. Kariernya di dunia Kepemiluan memang dimulai dari awal.

Terpilihnya Noor Thoha kembali menjadi Komisioner KPU Kota Balikpapan tentu saja tidak mudah. Bukan berarti mentang-mentang dia mantan ketua KPU, lalu dengan mudahnya bisa terpilih lagi. Namun ia juga harus mengikuti test menjadi anggota KPU kembali. Iapun juga mengikuti tahapan demi tahapan. Begitu pula dengan para peserta lain yang mendaftarkan sebagai calon komisioner, semua mengikuti test, termasuk Noor Thoha sendiri.

Setalah mengkuti test beberapa kali dan diumumkan oleh KPU RI, akhirnya Noor Thoha kembali terpilih sebagai komisioner KPU Kota Balikpapan. Dan ia satu satunya yang lolos dari 4 komisoner incumbent di KPU Kota Balikpapan.

Terpilihnya kembali Noor Thoha sebagai komisioner KPU Balikpapan, ternyata adanya perjuangan panjang yang dilakukan Noor Thoha selama 10 tahun lebih. Ia memulai karir dikepemiluan dari bawah, yaitu sebagai Ketua KPPS pada tahun 2009. Kemudian ia sempat menjabat sebagai ketua PPK Balikpapan Utara dari tahun 2010 hingga tahun 2014. Dan pucaknya ia menjabat sebagai Ketua KPU Kota Balikpapan periode 2014 hinghga tahun 2019.

Sosok Noor Thoha ini sebagai Ketua KPU Balikpapan pada periode lalu, ia sangat dikenal oleh berbagai lapisan, mulai dari ketua Parpol, Kepala OPD Pemkot Balikpapan serta anggota yang tergabung dalam Forkompinda. Bahkan dia salah satu komisioner KPU Balikpapan yang piawai dan ahli ketika memberikan materi. Ia memiliki public speaking yang mumpuni. Sehingga tak jarang banyak yang mengaku, bahwa apa saja yang disampaikan Noor Thoha selalu dapat diterima dengan baik dan diapun mampu membawa suasana bergairah, ketika ia memnberikan materi atau sebagai naras sumber.

Noor Thoha kelahiran Demak 1 Februari 1968 ini, menjalani Pendidikan formalnya di SDN di Kudus lulus tahun 1982. Kemudian ia melanjutkan pendidikan di SMPN Kudus Tahun 1985. Dan ia melanjutkan Pendidikan SPGN Kudus tahun 1988. Setelah lukus dari SPGN, ia merantau ke Samarinda dan kuliah di Universitas Mulawarman di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan lulus tahun 1999, dengan mendapat gelar S.Pd (Sarjana Pendidikan).

Setelah lulus di FKIP Unmul, Noor Thoha kembali menimbali ilmu di Universitas Tridarma Balikpapan, dengan mengambil program studi Fakultas Hukum. Dan ia lulus pada tahun 2016 dan resmi mendapat gelar Sarjana Hukum atau SH.