Ming. Nov 17th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

SYAHRUL KARIM, S.ST, M.Sc

Komisioner yang satu ini,dikenal sebagai seorang wartawan senior dan juga sebagai dosen di Politeknik Balikpapan. Terpilihnya Syahrul sebagai komisioner, tentu tidak semudah yang dibayangkan. Sebab ia harus bersaing ketat dengan para kandidat lainnya. Dan tahapan demi tahapan tes ia lalui dengan mulus hingga ia terpilih untuk menjabat sebagai Komisioner KPU Kota Balikpapan periode 2019 – 2024.

Syahrul Karim S.St., Msc, kelahiran Palopo 25 April 1980 ini, mengenyam Pendidikan berawal dari SDN No 27 Padang Padang, SMP Negeri 1 Bajo dam SMKN 1 Palopo. Usai lulus dari SMKN 1 Palopo, ia melanjutkan kuliahnya di Administrasi Hotel, STP AMPTA Yogyakarta (DIV) dan berhasil meraih gelar sarjana S1, yaitu : S.St.

Selulusnya dari STP AMPTA Yogyakarta (DIV), ia kembali menempuh Pendidikan setingkat di atasnya, yaitu di Fakultas Teknis Arsitektur dan Perencanaan Pariwisata
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta program Pasca Sarjana atau S2. Di kampus ini ia berhasil meraih gelar M.Sc.

Selulusnya dari Pendidikan S2, ia aktif menulis khusus kepemiluan. Diantaranya, Peliputan Pilkada, Peliputan Gubernur dan Pemilihan Presiden dan ia merupakan wartawan aktif dari surat kabar harian nasional Media Indonesia. Profesi ini masih ia lakukan sejak tahun 2007 hingga sekarang. Kemudian selain menulis tentang kepemiluan, ia juga sempat menjadi jurnalis di radio Smart FM Balikpapan pada tahun 2007.

Selain aktif sebagai wartawan, Syahrul juga merupakan Dosen Politeknik Negeri Balikpapan dari tahun 2014 hingga sekatang. Dan ia juga merupakakan seorang Assesor Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Mahamu Mandiri dari tahun 2017 hingga saat ini.

Selain disibukan sebagai wartawan, dosen dan seorang Assesor, Syahrul juga sempat membuat karya tulis, khusus kepemiluan/demokrasi dengan judul Jangan Pilih Caleg Umbar Janji yang ditayangkan di www.klikbalikpapan.com edisi 10 Oktober 2018. Kemudian ia juga sempat menulis lagi, namun kali ini bukan soal kepemiluan. Kali ini karyanya yang berjudul Faktor Psikografi Kunjungan Wisatawan Mancanegara Terhadap Pengembangan Kepariwisataan Sulawesi Selatan. Tulisan ini merupakan sebuah penelitian. Dan karya tulis lainnya yang dibuatnya adalah : . Pengembangan Teluk Balikpapan Berbasis Pariwisata Berkelanjutan (Sebuah Penelitian). Tulisan ini sempat ditayangkan di Tribun Kaltim edisi 27 September 2017 dengan judul : Mengelolah Kaltim Berbasis Pariwisata Berkelanjutan.

Rupanya jiwa menulis Syahrul tak berhenti sampai di situ. Iapun kembali membuat penelitian yang berjudul : Perbandingan Kualitas Layanan Metode SERQUAL
Pantai Manggar dan Lamaru di Kota Balikpapan. Dan terakhir Syahrul kembali membuat penelitian yang dia beri judul : Tingkat Partisipasi Pokdarwis Dalam Mendukung Kepariwisataan Balikpapan.