Ming. Nov 17th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

YAN FAUZI WARDANA, S.Psi

Komisioner KPU Kota Balikpapan Yan Fauzi Wardana sebelumnya sudah dikenal di lingkungan KPU Kota Balikpapan dalam kurun waktu yang cukup lama. Sebab ia adalah adalah Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Balikpapan sejak tahun 2012 hingga 2014. Dan 2017 hingga 2019. Pengalamannya yang panjang ternyata mampu menghantarkannya sebagai Komisioner KPU Kota Balikpapan Periode 2019 – 2024.

Yan Fauzi kelahiran Balikpapan 7 September 1977. Dia mulai mengenyam pendidikan di SD Patra Dharma 1 lulus tahun 1990. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Patra Dharma 2 dan lulus tahun 1993. Lalu ia meneruskan pendidikan di SMA Negeri 5 Balikpapan lulus tahun 1996.

Selulusnya dari SMA dia pun melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Tepatnya di Universtitas Islam Indonesia Jogjakarta dengan jurusan Psikologi. Di universitas bergengsi ini Yan Fauzi berhasil lulus dengan menyandang gelar Sarjana Psikologi atau S.Psi pada tahun 2004 silam.

Selulusnya dari kuliah, Yan Fauzi bekerja di PT Bangun Mandiri, di Jogjakarta sebagai marketing pada tahun 2004. Kemudian ia kembali bekerja di tempat lain, yaitu PT Karjoss Indonesia, Jogjakarta. Di tempat ini mendapatkan posisi sebagai Head Rental dan ia bekerja hingga tahun 2008. Setelah sekian lama bekerja di beberapa perusahaan, akhirnya ia mendirikan usaha sendiri yang ia beri nama Quodran Pro Investama, yang dirikan sejak tahun 2009 hingga sekarang yang bergerak.di bidang Manajemen Investasi.

Selain berkecimpung di dunia pekerjaan, Yan Fauzi juga sempat mengikuti kursus kepemiluan. Yaitu Kursus Kepelimuan/demokrasi dengan tema : Kualitas Data Pemilih Kunci Pilkada Sukses. Laporan Tertulis Bidang Data pada Pemilihan Gubernur Kaltim tahun 2013 yang lalu.

Yan Fauzi juga sempat menulis artikel dengan judul The Most Faster and Bigger Return Of Investment. in The World, Kemudian juga menulis Trading For a Living. Dan terakhir ia pun menulis tentang Psycology Chart.

Tak hanya memiliki berbagai pengalaman di bidang yang terkait dengan keilmuannya sebagai seorang psikolog. Yan Fauzi juga memiliki beberapa pengalaman lain. Yaitu saat masih menjadi mahasiswa sebagai Badan Eksekutif Mahasisiwa Universitas Islam Indonesia Jogjakarta, dengan jabatan Seksi Seni dan Olahraga dari tahun 1998 hingga tahun 2002. Kemudian juga tergabung dalam Forum Trader Indonesia. Di tempat ini ia menduduki jabatan sebagai Kepala Divisi Pendidikan Trader Pemula tahun 2012.

Pada 19 Maret 2019 yang lalu, Yan Fauzi Wardana secara resmi ditetapkan sebagai komisoner KPU Kota Balikpapan. Ia berhasil lolos hingga tahap akhir. Dari berbagai tahapan test yang ia hadapi ia dinyatakan berhasil setelah bersaing ketat dengan puluhan calon komisioner lainnya yang ada di Balikpapan.